Ekonomi

Perbaikan Bansos RTLH di Depok Bantu Naikan Kesejahteraan Warga

Salah satu warga Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok menerima bantuan Bansos RTLH yang diberikan Kepala Seksi (Kasie) Pemukiman Disrumkim Kota Depok, Wahyu Hidayat (kanan).

RUZKA REPUBLIKA -- Bantuan sosial (Bansos) perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari program Kartu Depok Sejahtera (KDS) dapat bermanfaat untuk warga. Dampak yang signifikannya, salah satunya meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melakukan terobosan dengan mengucurkan Bansos RTLH menjadi layak huni dan nyaman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Program perbaikan RTLH sangat bermanfaat untuk warga kami. Dampaknya dapat meningkatkan kesejahteraan," ujar Camat Pancoran Mas (Panmas), Kota Depok, Zikri Dwi Darmawan dalam keterangan yang diterima, Ahad (11/08/2024).

Baca Juga: Airlangga Mundur, Jamiluddin Ritonga: Bagus, Untuk Kebaikan Golkar

Menurut Zikri, tahun ini ada 168 unit RTLH yang akan diperbaiki oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok.

"Kami telah melakukan sosialisasi dan pembagian buku rekening untuk ratusan penerima manfaat," terangnya.

Ia mengungkapkan, rumah yang sehat dan layak huni adalah fondasi penting bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga. Kondisi perumahan yang baik dapat memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua anggota keluarga.

Baca Juga: Ini 4 Faktor Penentu Keberhasilan Pendidikan

"Saya harap ke depannya program ini terus berlanjut, sehingga masih ada kesempatan untuk warga lain merasakan manfaatnya. Dan diharapkan penerimanya semakin tepat sasaran," harap Zikri.

Sebanyak 168 unit RTLH di Kecamatan Pancoran Mas akan diperbaiki tahun ini oleh Pemkot Depok.

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) melakukan sosialisasi bantuan sosial RTLH dari program Kartu Depok Sejahtera (KDS) kepada ratusan penerima manfaat di Kantor Kecamatan Panmas.

Baca Juga: MUI Depok Buka Pendaftaran Pendidikan Kader Ulama, Begini Cara Pendaftaran dan Ini Syaratnya

"Dari total 1.525 unit rumah, di Kecamatan Panmas sendiri ada 168 unit RTLH yang menerima manfaat tahun ini," ujar Kepala Disrumkim Kota Depok, Dadan Rustandi.

Dadang menyebut, jumlah perbaikan unit RTLH tiap tahunnya terus menurun, artinya ada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di Kota Depok.

Diungkapkan Dadang, saat ini tingkat kemiskinan Kota Depok terendah keempat di Indonesia. Dan terendah di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: RW di Depok Raih Penghargaan Proklim Lestari dari KLHK

"Prestasi itulah sebagai wujud visi Kota Depok Maju, Berbudaya, dan Sejahtera," terangnya.

Selain RTLH, lanjut Dadan, pemerintah pusat dan provinsi juga menggelontorkan dana untuk perbaikan RTLH di Kota Depok.

"Dari BSPS (Pemerintah Pusat) dan provinsi anggarannya Rp 20 juta, anggaran kota lebih tinggi yaitu Rp23 juta per unit rumah. Dari Rp 23 juta ini rinciannya Rp 20 juta material dan Rp 3 juta jasa tukang," ungkap Dadan. (***)

Berita Terkait

Image

Pemkot Depok Mulai Melakukan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni di 6 Kecamatan

Image

17 Agustus 1945, Indonesia Merdeka, Tapi Depok Lebih Dulu Merdeka, Begini Ceritanya

Image

Berikut Syarat dan Kriteria Penerima Bantuan Perbaikan RTLH di Kota Depok