Ini Cara Merawat Rambut Kering dan Berminyak Agar Tetap Sehat Berkilau

Gaya Hidup  
Rambut indah dan berkilau (Republika)

DEPOK -- Rambut adalah mahkota bagi kaum perempuan. Menjaga rambut agar tetap halus dan lembut, tetap bisa dilakukan tanpa harus ke salon. Ada dua jenis masalah rambut, yakni kering dan berminyak. Tentu, berbeda pula motode perawatannya.

Dirumah pun anda bisa menjaga kondisi rambut agar tetap sehat, misalnya melakukan perawatan dengan hair mask seperti yang biasa dilakukan di salon. Apalagi, produk hair mask ataupun creambath saat ini banyak dijual dipasaran, dengan harga terjangkau.

Penggunaan hair mask atau creambath dirumah bisa dilakukan sepekan sekali. Selain itu, penggunaan kondisioner juga bisa dilakukan, khususnya untuk rambut kering.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kondisi rambut kering membutuhkan kelembapan ekstra yang tak cukup jika mengandalkan sampo saja. Karena itu, bisa ditambahkan dengan kondisioner sesuai dengan permasalahan rambut.

Keramas atau mencuci rambut tanpa sampo tentu tidak akan maksimal dalam merawat rambut, bukan? Memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut ternyata cukup penting sebagai cara menjaga kesehatan rambut.

Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, sedangkan kondisioner yang bertekstur losion dapat membuat rambut menjadi lembut dan berkilau.

Penggunaan kondisioner juga tidak kalah penting untuk merawat rambut. Kondisioner mengandung bahan-bahan penting, seperti silikon, serta pelembap khusus yang disebut emolien.

Bahan-bahan tersebut berfungsi melapisi helai rambut dan mengisi bagian rambut yang rusak, sehingga rambut pun senantiasa terlindungi.

Menjaga kesehatan rambut mungkin bagi beberapa orang terlihat sepele, hanya menggunakan sampo dan merasa bersih. Padahal, tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu.

Seperti dilansir dari hellosehat, menjaga kesehatan rambut juga tidak dengan keramas terlalu sering. Frekuensi keramas adalah dua atau tiga kali dalam sepekan berdasarkan jenis rambut.

Misalkan, jenis rambut keriting atau kribo, memiliki pola ikal yang lebih padat, sehingga tingkat kelembapan rendang atau cenderung kering.

Kondisi ini terjadi karena minyak alami yang melapisi kulit kepala sulit melewati rambut, sehingga lebih terasa kering. Itu sebabnya, untuk mengurangi kekeringan pada rambut, hindari mencuci rambut dengan sampo terlalu sering. Pilih produk yang sesuai jenis rambut, dan cuci rambut dua kali dalam seminggu.

Sedangkan bagi rambut berminyak, baiknya rutin mencuci rambut agar tidak tampak lepek dan tingkat kelembapannya terjaga dengan baik.

Apapun jenis rambutmu, menjaganya agar bersih, sehat, dan berkilau adalah hal yang harus dilakukan.

Berita Terkait

Image

Manfaat Memotong Rambut, Dapat Mengatasi Kerusakan dan Meningkatkan Kesehatan Rambut

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image