Ekonomi

Gandeng Telkom, PT Tirta Asasta Depok Luncurkan Pilot Project Smart Water Meter

DEPOK--Tingkatkan kualitas pelayanan, PT Tirta Asasta Depok terus melakukan perkembangan dalam berbagai aspek, kali ini, kembali melakukan inovasi dalam bidang pelayanan yakni pada prosedur pembacaan meter pelanggan air.

"Di era industri 4.0 saat ini, pengukuran dan pemantauan konsumsi air dapat memberdayakan teknologi yang canggih sehingga data yang dihasilkan akurat," ujar Direktur Utama PT Tirta Asasta Depok, Muhammad Olik Abdul Holik, Selasa (14/6/2023).

PT Tirta Asasta Depok bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan Program Piloting Project Layanan Smart Water Meter dan penyediaan perangkat retrofit.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dalam kerjasama ini disetujui untuk dilakukan Piloting Project Smart Water Meter kepada 1.000 pelanggan di H City dan Bukit Sawangan Indah. Masa piloting ini berlangsung selama tiga bulan dengan skemas bisnis One Time Charge (OTC) untuk pengadaan device retrofit dan reccuring bulanan untuk akses connectivity LoRa WAN," jelas Olik.

Lanjut Olik, SWM ini tak lain agar pelanggan dapat mengupdate pemakaian air setiap hari atau secara real time. Dengan begitu, pembacaan meter akan dilakukan secara otomatis dan tidak lagi melibatkan petugas di lapangan.

"Adapun hal ini juga berfungsi untuk meminimalisir human eror dalam pembacaan meter air di lapangan.Ïni project awal, baru 1.000 uamh pakai smart meter bekerjasama dengan Telkom, mereka sediakan alat dan jaringannya," terangnya.

Ia menambahkan, iedepan, jika berhasi akan kami tambah lagi, tidak menutup kemungkinan nantinya bisa menggunakan smart meter. Selain dapat mengetahui penggunaan air, aplikasi itu juga nantinya dapat mengetahui tagihan pemakaian air setiap bulannya. Kami juga dapat memantau apakah air sampai atau tidak," tutur Olik.

Diharapkan Olik, Piloting Project IoT SMW dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan pelanggan dan efisiensi khususnya dalam pengelolaan bisnis di PT Tirta Asasta Depok.

"Tidak hanya inovasi layanan pengukuran meter, masyarakat juga dapat mengakses promo terbaru Tirta Asasta melalui website www.tirtaasastadepok.co.id, yakni promo Gartis Biaya Pemasangan bagi wilayah yang telah tersedia jaringan pipa air Tirta Asasta Depok. Meskipun telah banyak menyediakan pelayanan secara online, Tirta Asasta juga tetap memberikan pelayanan offline, bagi calon pelanggan yang ingin melakukan pendaftaran secara offline dapat mengunjungi kantor pelayanan terdekat dengan membawa persyaratan diantaranya Foto copy KTP, Foto copy SPT PBB terbaru, Materai 10.000," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

63 KK di Kota Depok Terkena Dampak Kekeringan

Image

Ada Revitalisasi Pipa Air PT Tirta Asasta Depok di Kelurahan Tugu

Image

Ada Gangguan Pasokan Air PT Tirta Asasta Depok, Berikut Wilayah Terdampak