Kandang Sapi Bina Amanah Haji Yadi Bikin Wakil Walikota Depok dan Fadly Padi Gelengkan Kepala

Gaya Hidup  
Sapi di kandang Bina Amanah dirawat spesial.

ruzka.republika.co.id - Kandang Bina Amanah bukan baru berdiri. Haji Yadi sudah membangunnya sejak 1994. Kandang sapi itu bisa jadi salah satu yang terbesar di kota Depok, Jawa Barat.

Lokasinya di bilangan Jalan Juanda gang Kemakmuran, Cisalak, Depok. Persis di seberang tol Cijago. Lahannya cukup luas. Sekitar 300 ekor sapi siap dipasarkan jelang Idul Adha nanti.

"Alhamdulillah sapi kami sehat-sehat. Tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata Haji Yadi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Haji Yadi sapi-sapi di kandangnya didatangkan dari berbagai daerah. Ada sapi Bali, sapi peranakan Ongole (PO) hingga sapi Limosin. Hewan ini dirawat selama 9 bulan dengan cinta oleh 6 karyawan yang ahlinya.

Haji Yadi (kiri) pemilik kandang Bina Amanah di Depok

Sapi PO ini merupakan hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) dengan sapi betina Jawa yang berwarna putih. Sedangkan Sapi limosin atau limousin merupakan sapi pedaging asal Prancis yang banyak diternak dan dimanfaatkan dagingnya selama Idul Adha di Indonesia.

Seluruh sapi di kandang Bina Amanah ini telah dilakukan pemeriksaan oleh Petugas Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok.

"Sapinya sehat-sehat tidak ada yang terkena PMK. Gemuk-gemuk dan siap dipotong," ujar Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono saat mengunjungi kandang Bina Amanah pekan lalu.

Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono didampingi Kepala DKP3 Kota Depok Ir. Widyati Riyandini saat mengunjungi kandang Bina Amanah.

Dalam kunjungan tersebut, IBH didampingi Kepala DKP3 Kota Depok Ir. Widyati Riyandini. Sekaligus melakukan pengecekan persiapan hewan qurban dan memberikan vitamin. Keduanya menggelengkan kepala melihat perawatan kandang sapi Bina Amanah yang benar-benar rapi dan bersih.

Imam memuji perawatan sapi di kandang Bina Amanah yang sangat terjaga kesehatannya. Dikatakan kandangnya sangat bersih. Kotorannya sedikit sehingga limbahnya dapat ditangani.

"Mudah-mudahan terus terjaga dengan baik dan tidak tertular penyakit PMK. Penanganan di kandang Bina Amanah ini bisa dijadikan contoh terbaik," imbuhnya.

IBH - begitu Imam disapa- menggaransi bagi warga Depok yang ingin berqurban untuk membeli langsung dari kandang Bina Amanah di jalan Juanda.

Andi Fadly Arifuddin vokalis grup musik Padi juga memuji kandang Bina Amanah. Menurutnya kandangnya sangat rapi dan bersih. Sapinya segar, berbobot dan kulitnya bercahaya.

"Luar biasa perawatannya. Semua dikerjakan dengan penuh keiklasan oleh karyawannya," tutur Fadly yang sudah memesan beberapa ekor sapi di kandang Bina Amanah.

Sapi di kandang Bina Amanah sehat-sehat dan segar.

Semua sapi di kandang Bina Amanah ditimbang secara ril 40 hari sebelum Idul Adha. Harganya Rp75.000/kg. Kenaikkan berat badan sejak penimbangan awal tidak dibebankan kepada konsumen.

Hingga hari H kemungkinan kenaikkan bobot sapi bisa mencapai 15-20 kg. Jangan heran jika sapi di Kandang Bina Amanah bisa mencapai 400-500 kg per ekor. Ongkos pengiriman juga gratis.

"Sapi disini dirawat spesial. Setiap pagi dan sore hari dimandikan. Juga diberikan semprotan disinfektan. Kandangnya pun dibersihkan tiap hari. Jelang Idul Adha setiap sapi diberikan sertifikat kesehatan, karena setiap bulan dicek kesehatannya oleh DKP3 Kota Depok," jelas Haji Yadi. (suryansyah)

Berita Terkait

Image

SIM Keliling Hari Ini di Kota Depok Senin 5 Desember 2022, Ini Syarat Perpanjang SIM A dan C

Image

Terjepit di Atap Rumah Warga di Depok, Ular Sanca 2 Meter Berhasil Dievakuasi

Image

Jadwal SIM Keliling di Kota Depok Jumat 2 Desember 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image