Depok Rencana Kembangkan Komoditas Ikan Lokal, Orientasi Ikan Bela Shark dan Belida

News  
DKP3 Depok rencana kembangkan budidaya ikan lokal

ruzka.republika.co.id--Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok berencana melakukan pengambangan budidaya komoditas ikan lokal yang berorientasi pada ikan hias jenis Bala Shark dan ikan konsumsi jenis Belida Jawa dan Belida Sumatera.

“Kami coba kembangkan ikan hias dan ikan konsumsi. Kami bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Adapun saat ini prosesnya telah masuk pada pengurusan dokumen atau izin di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), mengingat ikan tersebut termasuk dilindungi,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok, Nur Hidayat, Senin (11/07/2022).

Menurut Nur, ikan hias dan konsumsi tersebut dipilih karena keberadaannya yang terancam punah. Selain itu, ikan jenis ini memiliki harga jual yang mampu bersaing di pasar internasional.“Kami harap Bala Shark juga akan mengikuti jejak Neon Tetra yang sudah berkembang dan dikenal sampai manca negara. Begitupun ikan Belida jenis Jawa dan Sumatera yang saat ini terancam punah,” terangnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia menambahkan, pihaknya bersama peneliti juga akan menyambangi langsung habitat ikan bala shark di Kabupaten Musi Banyuasin untuk melakukan study banding dan analisis terhadap habitat asli. Dengan harapan, ikan jenis ini bisa dikembangkan di luar habitatnya.

“Ikan hias Bala Shark sangat menarik dan potensial. Karena saat ini keberadaannya terancam punah. Pembudidayanya juga masih jarang. Mudah-mudahan project pengembangan ikan hias ini bisa berjalan sesuai rencana dan Bala Shark bisa berkembang biak,” pungkas Nur. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

492 Ekor Hewan Ternak di Depok Sudah di Vaksin PMK

Image

31 Hewan Ternak Positif PMK Tersebar di Tiga Kelurahan di Depok

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

rusdynurdiansyah69@gmail.com/0818701344

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image