Depok Bangun Komitmen Bersama Wujudkan ODF 100 Persen di 22 Kelurahan

Komunitas  
Pertemuan koordinasi percepatan ODF 100 persen di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.
Pertemuan koordinasi percepatan ODF 100 persen di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Foto: Dok Diskominfo Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Seluruh stakeholder di Kota Depok yang terdiri dari perangkat daerah, camat, lurah, dan Forum Kota Depok Sehat (FKDS) melakukan penandatanganan komitmen bersama untuk meningkatkan pencapaian kelurahan Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 100 persen di Kota Depok.

“Komitmen ini kami lakukan agar seluruh stakeholder dapat bersinergi dalam mendukung percepatan ODF 100 persen di 22 kelurahan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati saat kegiatan Pertemuan Koordinasi Percepatan ODF dan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyaraka (STBM) di Balai Kota Depok, Kamis (04/08/2022).

Adapun 22 kelurahan tersebut antara lain Kelurahan Depok, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kelurahan Tugu, Kelurahan Pengasinan, Kelurahan Pancoran Mas, dan Kelurahan Pasir Putih. Kemudian Kelurahan Duren Mekar, Kelurahan Curug Bojongsari, Kelurahan Bojongsari, dan Kelurahan Sukamaju.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kelurahan Cipayung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kelurahan Abadijaya, Kelurahan Duren Seribu, Kelurahan Mekarsari, dan Kelurahan Beji. Serta Kelurahan Jatijajar, Kelurahan Cipayung Jaya, Kelurahan Pondok Jaya, Kelurahan Gandul, Kelurahan Kemiri Muka, dan Kelurahan Jatimulya.

"Komitmen harus terus diperkuat oleh setiap stakeholder di wilayah untuk menciptakan ODF 100 persen," terang Mary.

Selain itu, lanjut Mary, pihaknya juga rutin melakukan tinjauan lapangan untuk mengetahui kendala yang dirasakan masyarakat dalam pencapaian ODF. “Dengan kekompakan dari seluruh stakeholder diharapkan dapat menciptakan jamban yang sehat,” jelasnya.

Dalam komitmen bersama tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri dan Ketua FKDS Kota Depok, Elly Farida, dan Sekretaris Badan Perencaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda) Kota Depok Ernawati. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Ini 5 Jenis Penyakit yang Sering Dialami Warga Depok

Image

Kader Posyandu dan Posbindu di Depok Dapat Insentif

Image

Dinkes Kota Depok Gelar Seminar Speed Up Never Let Up: Kerja Cepat, Kerja Hebat, Berantas Narkoba

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image