Tahukah Anda, Kalau Setiap 8 Agustus Diperingati Hari Kucing Sedunia, Begini Sejarahnya

Komunitas  
8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia 
8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia

ruzka.republika.co.id--Tahukah Anda, bahwa setiap 8 Agustus dirayakan sebagai Hari Kucing Sedunia?Bagaimana awalnya perayaan Hari Kucing Sedunia ini? Kita ketahui sejarah Hari Kucing Sedunia berikut ini, yuk!

Sejarah Hari Kucing Sedunia diadakan pertama kali oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada tahun 2002.

IFAW adalah salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berasal dari Kanada.Pada tahun 2020, perwalian Hari Kucing Sedunia diteruskan dari IFAW ke International Cat Care, yaitu sebuah badan amal untuk kesejahteraan hewan di Inggris.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cat Care didirikan pada tahun 1958 oleh pecinta kucing yang bekerja untuk menyebarkan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan kucing.

Tujuan Hari Kucing Sedunia ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kucing, cara memelihara dengan baik, dan melindungi mereka.

Perayaan Hari Kucing di Berbagai Negara. Bagaimana Hari Kucing Sedunia dirayakan Ternyata, banyak negara yang menjadikan Hari Kucing Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan cara memelihara kucing.

Selain Hari Kucing Sedunia, ada negara yang juga merayakan Hari Kucing Nasional. Contohnya, Hari Kucing Nasional dirayakan di Kanada dan Amerika Serikat pada tanggal 8 Agustus.

Hari Kucing Sedunia diadakan sebagai momen untuk menghargai dan menghormati kucing sebagai salah satu hewan peliharaan paling populer di Bumi ini.

Pembentukan hari kucing ini dilatarbelakangi tujuan untuk memperbaiki kesejahteraan kucing-kucing yang ada di seluruh dunia. Diperkirakan terdapat 500 juta kucing yang ada di muka Bumi ini.

Selain itu, peringatan Hari Kucing Sedunia bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kucing. Serta menjaga spesies dengan memerangi tindakan pengabaian dan penyalahgunaan terhadap kucing.

Kucing menemani manusia selama ribuan tahun. Mereka adalah hewan peliharaan yang tidak digunakan untuk pekerjaan atau alasan ekonomi apa pun. Sehingga hubungan antara manusia dan kucing terjalin sangat luar biasa.Karakter kucing yang merupakan idiosyncratic, farouche dan independent membuat mereka sulit untuk dilatih.

Tetapi kucing selalu mampu memiliki hubungan sangat emosional dengan manusia.Di sisi lain, kucing juga merupakan hewan peliharaan yang telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental manusia. Memelihara dan bermain dengan kucing terbukti dapat menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.Terdapat sedikitnya 135 ras kucing yang tersebar di dunia, terdiri dari ras alami, persilangan, hingga mutasi genetik. Adanya hari kucing sedunia diharapkan dapat meningkatkan kepedulian manusia terhadap hewan ini.

Merayakan Hari Kucing sedunia menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan kepedulian terhadap binatang berbulu ini. Melansir National Cat Day ada yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Kucing sedunia.Salah satunya dengan mengadopsi kucing.

Adopsi kucing dapat dilakukan di tempat penampungan atau penyelamatan hewan terdekat.Adopsi juga dapat dilakukan pada kucing terlantar yang ditemukan di jalan. Beri mereka kehidupan yang layak dan sehat.

Selain itu, merayakan Hari Kucing Sedunia juga dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut:

1. Buat komitmen untuk menjaga kesehatan kucing dengan memberi makanan sehat dan alami.

2. Menyumbangkan selimut, makanan, dan mainan untuk organisasi kesejahteraan hewan.

3. Menjadi sukarelawan di tempat penampungan lokal dan bermain dengan kucing yang ada di sana.

4. Bermain bersama kucing, mengambil foto dan mempostingnya di halaman media sosial.

5. Belikan kucing Anda mainan baru yang menyenangkan.

6. Mandikan dan bersihkan kucing demi kesehatannya.

7. Berikan kucing hadiah seperti kalung, baju, sebagai tanda hari spesial mereka.

8. Adakan pesta Hari Kucing Sedunia dan undang semua teman dan kucing Anda! (Rusdy Nurdiansyah)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

rusdynurdiansyah69@gmail.com/0818701344

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image