7 Cara Ampuh Belajar Matematika Lebih Seru dan Menyenangkan

Gaya Hidup  
Belajar matematika lebih seru dan menyenangkan bagi anak-anak (pixabay)
Belajar matematika lebih seru dan menyenangkan bagi anak-anak (pixabay)

ruzka.republika.co.id- Dari dahulu hingga sekarang matematika masih menjadi momok bagi anak-anak. Bagaimana tidak, soal-soal matematika sangat sulit dikerjakan bahkan materinya dipenuhi dengan rumus-rumus sehingga sulit dipelajari dan dipahami.

Belajar matematika biasanya sangat tidak disukai anak-anak. Dengan belajar matematika seseorang terbiasa berpikir secara sistematis, ilmiah, menggunakan logika, kritis, serta dapat meningkatkan daya kreativitasnya.

Ketika siswa sudah tidak suka bahkan takut dengan salah satu mata pelajaran, maka mereka akan cenderung malas mempelajarinya. Bahkan ada yang sudah belajar sungguh-sungguh tetapi hasil ujian matematikanya masih buruk.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika sudah begini berarti membutuhkan cara jitu supaya belajar matematika seru dan menyenangkan.

Hal ini dilakukan agar siswa mau belajar matematika tanpa tekanan, dan suka hati. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips belajar matematika yang seru dan menyenangkan.

1. Belajar di Alam Terbuka

Belajar matematika merupakan aktivitas yang sangat membosankan, terlebih jika dilakukan di dalam kelas. Supaya anak-anak lebih antusias dan semangat belajar matematika, tidak ada salahnya sekali-kali mengajaknya belajar di alam terbuka.

Saat belajar di alam terbuka, siswa bisa diajari cara menghitung yang menyenangkan dengan menggunakan bunga ataupun daun.

Sedangkan untuk belajar pengurangan bisa mengajak siswa melakukan transaksi pembelian di kantin, koperasi sekolah atau toko. Menggunakan cara seperti ini secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan matematis siswa.

2. Mempelajari Trik-trik Matematika

Salah satu kesulitan yang dirasakan siswa saat mempelajari matematika adalah banyaknya rumus. Hampir semua materi yang diajarkan selalu terdapat rumus dengan jumlah yang tidak sedikit.

Dimana rumus-rumus tersebut sulit untuk dihafal. Bagi siswa yang memiliki daya ingat yang baik pasti cukup mudah menghafalkan rumus. Sebaliknya siswa dengan daya ingat kurang baik tentu akan menghadapi kesulitan.

Masalah seperti ini bisa diatasi dengan menciptakan trik-trik matematika. Trik-trik yang dibuat bisa berupa cara menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus dan sebagainya. menggunakan trik yang dibuat maka matematika menjadi mudah dipelajari dengan sangat menyenangkan.

3. Mempelajari Sempoa

Sempoa merupakan alat hitung yang sering digunakan oleh masyarakat Tiongkok. Dengan menggunakan alat ini, semua operasi bilangan bisa dilakukan dengan lebih baik dan benar.

Bisa menggunakan sempoa maka akan memudahkan dalam belajar menghitung. Bahkan anak-anak bisa menghitung dengan cepat.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu sempoa tidak lagi dibutuhkan karena digantikan dengan gerakan tangan. Meski tidak digunakan tetapi saat menghitung dengan gerakan tangan tetap saja membayangkan sempoa.

4. Menggunakan Permainan

Cara belajar matematika yang seru dan menyenangkan selanjutnya yaitu dengan menggunakan permainan. Permainan yang bisa digunakan untuk belajar matematika ada dua jenis.

Pertama, menggunakan permainan yang bisa dilakukan secara langsung. Contohnya berhitung dengan menggunakan jari, cepat-cepatan dan sebagainya. Kedua, dilakukan dengan menggunakan alat peraga dan aplikasi.

Saat ini ada banyak video pembelajaran matematika di Youtube yang dikemas dengan menarik dan bisa ditonton secara gratis. Video pembelajaran tersebut dikemas dalam bentuk video animasi sehingga sangat disukai para siswa dan mudah dipahami. 5. Menggunakan Lingkarab untuk Belajar Lingkaran

Materi pelajaran matematika itu sangatlah banyak, salah satunya yaitu materi pecahan dan jam. Bagi sebagian siswa materi ini sangat sulit untuk dipahami.

Supaya siswa lebih mudah memahaminya maka bisa mempelajari materi ini dengan cara membuat lingkaran jam. Menggunakan cara ini maka guru akan lebih mudah menjelaskan tentang pecahan, terutama mengenai seperempat dan juga setengah.

6. Membuat Kue

Mengajak anak dengan membuat kue sekaligus belajar berhitung. Dengan cara menimbang bahan-bahan pembuat kue.

Anak bisa belajar membagi takaran bahan bila ingin membuat setengah adonan resep, atau mengalikan takaran bila ingin membuat dua kali lipat adonan resep.

Saat adonan sudah jadi, ajarkan anak untuk membaginya menjadi 1/8 bagian, 1/4 bagian, atau 1/2 bagian.

Setelah itu gunakan bagian adonan tadi untuk belajar pertambahan atau pengurangan bilangan pecahan, seperti 1/4 + 1/4 = 1/2.

7. Bermain Jual Beli

Dengan cara bermain, biasanya anak akan suka belajar. Karena tidak terasa bahwa dirinya mendapat ilmu ketika sedang bermain.

Bermain jual beli bisa membantu tingkatkan kemampuan anak dalam operasi hitung seperti tambah, kurang, kali, atau bagi.

Untuk memulainya, kumpulkan tiga jenis barang yang ada di rumah sebanyak masing-masing 3 buah.

Masukkan setiap jenis barang dalam sebuah kotak atau kardus, lalu minta anak menentukan harga jualnya.

Selanjutnya bisa berperan sebagai penjual dan pembeli. Ambil beberapa barang, lalu minta anak menghitung di kertas jumlah yang harus Moms bayarkan.

Supaya lebih seru, Moms bisa memberikan soal matematika terselubung seperti “Berapa harga 3 buah pulpen?” atau “Berapa yang harus saya bayar kalau tidak jadi membeli biskuit. Tanpa anak tahu, bahwa dia sedang belajar sambil bermain.

Cara diatas bisa dicoba agar siswa bisa belajar matematika dengan lebih menyenangkan. Silakan dicoba! (Mia Nala)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image