Bursa Transfer Ditutup, Agen Pemain Raup Rp 7,4 Triliun

Olahraga  
Lionel Messi bersama ayahnya, Jorge yang juga merangkap agen pemain.
Lionel Messi bersama ayahnya, Jorge yang juga merangkap agen pemain.

ruzka.republika.co.id - Bursa transfer pemain jadi ' bancakan' para agen. Terutama di daratan Eropa yang ditopang liga elite sepak bola. Musim panas 2022 para agen telah meraup $494.4 juta atau sekitar Rp 7,4 triliun.

Jendela transfer musim panas 2022 baru saja ditutup awal September. Hilir mudik satu pemain ke klub lain tersebar ke berbagai penjuru Eropa. Tapi, sebagian besar uang mengalir ke dompet agen yang memfasilitasi kesepakatan.

Kesepakatan dan transfer besar-besaran baik dalam sepak bola pria maupun wanita telah dilalui. Lebih menakjubkan adalah kesepakatan tenggat waktu selesai hanya dalam sekejap.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Klub Liga Premier Chelsea tercatat paling boros belanja. Klub London itu merogoh kocek €282 juta atau sekitar Rp 4,2 triliun.

Kemudian Barcelona (€153 juta) dan Manchester United (€238 juta), Tottenham (€170 juta), Nottingham Forest (€162 juta), dan West Ham (€182 juta).

Barcelona yang dipimpin oleh Presiden klub Joan Laporte dan manajer Xavi Hernandez menarik dana. Itu melikuidasi beberapa properti klub untuk mendatangkan Franck Kessie, Robert Lewandowski, Kounde, dan Raphinha.

Todd Boehly mengikutinya. Dia telah menghabiskan € 282 juta, dengan defender saja menghabiskan lebih dari £ 160 juta dari pengeluaran transfer.

Chelsea mendatangkan pemain seperti Raheem Sterling dari Manchester City (€65,30 juta), Kalidou Koulibaly dari Napoli (€38,00 juta), Wesley Fofana dari Leicester City (€80,40 juta), Marc Cucurella dari Brighton (€65,30 juta), Carney Chukwuemeka (Aston Villa, €18.00 juta), Gabriel Slonina (Chicago, €9.00 juta) Aubamenyang (Barcelona, €12.00 juta), dan Denis Zakaria (Pinjaman dari Juventus, €3.00 juta).

Mendiang Mino Raiola, agen super yang mengelola Erling Haaland, De Ligt, dan bintang top lainnya dalam permainan Manchester United mendatangkan Tyrell Malacia (£ 14,6 juta), Lisandro Martinez (£ 52,8 juta), Christian Eriksen (gratis), Casemiro (£ 60 juta), dan kesepakatan paling dramatis Antony £ 89 juta.

Liverpool, Manchester City, Tottenham, dan Arsenal semuanya menandatangani pemain baru dengan jumlah besar. Nottingham Forest adalah salah satu tim terbawah yang menjadi pusat perhatian setelah secara mengejutkan merekrut 21 pemain dalam satu jendela transfer.

Klub-klub besar lainnya dari negara lain, seperti Bayern Munich, Inter Milan, Roma, dan PSG, menyelesaikan penandatanganan yang berdampak pada aliran dana di pasar transfer.

Apa Kata Statistik?

Analisis dan rincian pengeluaran transfer musim panas telah menunjukkan tolok ukur baru. Sebuah laporan yang dirilis oleh FIFA menunjukkan bahwa nilai total pengeluaran transfer oleh klub sepak bola di musim panas telah mencapai £5 miliar. Ini merupakan peningkatan tajam sebesar 29,7% dari tahun sebelumnya sebesar £3,5 miliar.

Mengenai jumlah sebenarnya dari transfer yang diselesaikan, sepak bola pria telah diselesaikan 9.717 (mewakili peningkatan 16,2% dari tahun lalu), sementara sepak bola wanita memiliki 684 (mewakili peningkatan 14,4% dari tahun lalu).

Klub Liga Premier dilaporkan menyumbang sekitar £1,9 miliar, mewakili 38% dari jumlah tersebut. Manchester United dan Chelsea memimpin daftar klub EPL dengan pengeluaran tertinggi.

Perubahan lain yang menarik dan tajam dari laporan tersebut adalah bahwa 10% dari $5 miliar (Rp 74 triliun) yang dikeluarkan oleh klub di jendela transfer telah mengalir ke kantong agen sepak bola. Ini menyiratkan bahwa para agen telah meraup hampir $500 juta (Rp7,4 triliun).

Hal ini disebabkan oleh kenaikan terus-menerus dalam layanan biaya agen, yang telah meningkat dari 6,1% menjadi 9,9% dalam sepuluh tahun terakhir.

Tren tersebut kemungkinan akan membebani kemudahan bisnis klub di bursa transfer. Hal ini diproyeksikan akan terus meningkat jika tidak melawan waktu.* (yayan)

Berita Terkait

Image

Piala Dunia 2022: Argentina Bukan Favorit, Messi Sebut Brasil, Prancis, Inggris

Image

Cedera Lionel Messi Memicu Ketakutan Argentina di Piala Dunia 2022

Image

Terharu, Wartawan Senior Ini Menangis saat Wawancarai Lionel Messi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image