SMP Lazuardi Al Falah Depok Tampil di Festival Orchestra IOEF 2022

Edukasi  
SMP Lazuardi Al Falah Depok akan tampil mengikuti ajang Indonesia Orchestra and Ensamble Festival (IOEF) 2022. 
SMP Lazuardi Al Falah Depok akan tampil mengikuti ajang Indonesia Orchestra and Ensamble Festival (IOEF) 2022.

ruzka.republika.co.id--SMP Lazuardi Al Falah Depok kembali berkesempatan untuk tampil mengikuti ajang Indonesia Orchestra and Ensamble Festival (IOEF) 2022. Dalam kesempatan tersebut para siswa tampil dan mengasah ketrampilan bermain musik.

Diketahui, sejak pandemi melandai, industri musik menggeliat. Termasuk festival orkes terbesar di Indonesia, IOEF yang merupakan program CSR dari TRUST Orchestra. Penyelenggaraan acara tersebut merupakan yang kelima meski sempat vakum selama dua tahun.

Kepala Sekolah SMP Lazuardi Al Falah Depok, Irma Nurul Fatimah mengatakan, pemain musik ini terbuka untuk berbagai usia. Sebelum mengikuti ajang ini para peserta harus mengirimkan demo rekaman musik untuk diseleksi dan dipilih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Peserta yang terpilih akan diumumkan dan berhak tampil di ajang IOEF tahunan,” ujar Irma dalam siaran pers yang diterima, Senin (19/09/2022).

Menurutnya, IOEF merupakan ajang festival musik tahunan. Tujuannya, untuk mengumpulkan para pemain musik dan saling menampilkan bakatnya. IOEF tidak hanya menjadi ajang tampil semata. Namun, banyak hal yang bisa dilakukan seperti mengasah ketrampilan harmonisasi nada dalam ansamble musik dan belajar disiplin serta percaya diri.

“Mengumpulkan dan melatih siswa dari berbagai macam latar belakang bermusik bukanlah hal yang sederhana. Persiapan memakan waktu satu bulan dari latihan perkelompok kecil hingga latihan Bersama,” ungkapnya.

Lanjut Irma, secara berkelompok sesuai dengan unit aktivitasnya belajar memainkan alat musik pada waktu yang terpisah. Selanjutnya, mereka digabungkan dalam sebuah group besar untuk saling berkolaborasi.

“Performance yang disiapkan merupakan ensamble gabungan antara musik angklung, pianica, perkusi, gitar dan biola yang dikemas dalam tiga lagu, yaitu Pop, lagu daerah dan lagu nasional,” terangnya.

Sebagai informasi, IOEF 2022 come back stronger dengan agenda di dua kota sekaligus, Jakarta dan Bali, pada akhir minggu ketiga dan keempat September 2022.Untuk Jakarta diselenggarakan pada 17-18 September di MBloc Space, Jakarta. Dengan mengusung tema ‘Back to Basic’. Sementara, IOEF Bali diselenggarakan pada 23-25 September 2022. (Rusdy Nurdiansyah)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image