Wakil Wali Kota Depok Harap Masjid Jadi Pusat Peradaban Islam

Komunitas  
Masjid At-Thohir di Tapos Kota Depok.
Masjid At-Thohir di Tapos Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono berharap masjid dapat menjadi pusat peradaban Islam. Seperti zaman Rasulullah yang membangun masjid di Madinah dan dijadikan pusat berkumpulnya umat kala itu.

"Insya Allah pemerintah menjadi bagian yang mendukung terhadap konsep tersebut. Masjid bagian dari peradaban yang akan kita bangun, bagaimana Rasulullah memulai di Madinah dengan membangun masjid," ujar Imam saat menutup kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) 2022 di Savero Hotel, Selasa (20/09/2022).

Imam menyampaikan pula, jika dipelajari lebih jauh masjid merupakan pusat perekonomian umat. Hal ini, imbuhnya yang ingin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bangun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Gambaran saya, kalau pengen ramai yuk bikin pasar di masjid. Pasar di era sekarang ini, tidak digambarkan dengan sekadar fisik saja, pasar sekarang bisa non fisik. Pasar non fisik, seperti di e-commerce populer yang ada saat ini," jelasnya.

Menurut Imam, menjadi sebuah tantangan menjadikan masjid sebagai pusat perekonomian umat. "Ini sebuah tantangan bagi kita bahwa menjadikan masjid sebagai pusat perekonomian umat yang dicita-citakan dan yang diajarkan oleh baginda kita Rasulullah itu bisa wujudkan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok," tegasnya.

Ia menambahkan bila dalam konsep pengembangan masjid, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Pembangunan harus dilakukan dengan konsep pentahelix atau multipihak dimana unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi.

"Ini sangat penting banget menurut saya, agar kita bisa menjadikan masjid sebagai pusat peradaban dari sisi ekonomi, pendidikan agama dan juga kesehatan," pungkasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Buruan Daftar Linknya, Disnaker Depok Kembali Gelar Bursa Kerja dengan 2.555 Lowongan

Image

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RS Bunda Aliyah Berubah Jadi di Alia Hospital Depok

Image

DKM Al Ihsan Permata Depok Gelar Sunatan Massal

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com/0818701344

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image