Dinkes Depok Adakan Sosialisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Edukasi  

ruzka.republika.co.id--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan Sosialisasi Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) secara virtual, Kamis (29/09/2022). Kegiatan tersebut diikuti Guru SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Depok.

"Kegiatan ini untuk menyukseskan pelaksanaan BIAS," ujar Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina dalam siaran pers yang diterima, Kamis (29/09/2022).

Menurut Rani, imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah perlu dilakukan untuk peningkatan imunitas. Dengan harapan agar anak bisa mendapatkan perlindungan kekebalan terhadap penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (PD3I) lebih lama lagi bahkan bisa seumur hidup.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“BIAS ini merupakan kegiatan pemberian imunisasi rutin lanjutan bagi anak usia sekolah kelas 1,2 dan 5 SD dan MI sederajat,” terangnya.

Lanjut Rani, BIAS dilaksanakan setiap tahun pada bulan Agustus untuk imunisasi Measles Rubella (MR) yang diberikan pada anak kelas 1 SD. Serta pada bulan November untuk imunisasi Diphteria Tetanus (DT) diberikan pada anak kelas 1 SD dan imunisasi Tetanus Diphteria (Td) pada anak kelas 2 SD dan kelas 5 SD.

"Untuk itu, demi menyukseskan pelaksanaan BIAS perlu kerja sama pihak sekolah dengan Puskesmas untuk menyampaikan informasi kepada orang tua siswa. Diharapkan melalui peran sekolah dan Puskesmas dapat meningkatkan cakupan imunisasi BIAS, demi mewujudkan generasi yang sehat,” jelasnya.

Sosialisasi BIAS ini menghadirkan dua narasumber, yakni Lily Banonah Rivai sebagai Ketua Tim Kerja Imunisasi Usia Sekolah dan Sumber Daya Imunisasi serta Arifianto sebagai Kepala KSM Anak dan Ketua Komite Medik RAUD Pasar Rebo. (Rusdy Nurdiansyah)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image