Ini Upaya DLHK Depok Jaga Kualitas Udara

News  
Pohon-pohon pelindung di Jalan Margonda Raya, Kota Depok. Penghijauan pohon di pinggir jalan sebagai upaya menjaga kualitas udara.
Pohon-pohon pelindung di Jalan Margonda Raya, Kota Depok. Penghijauan pohon di pinggir jalan sebagai upaya menjaga kualitas udara.

ruzka.republika.co.id--Aksi penanaman pohon merupakan salah satu upaya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk menjaga kualitas udara agar tetap baik.

“Emisi gas buang dan tingginya pertumbuhan kendaraan di perkotaan menjadi faktor utama penyebab polusi udara. Untuk itu kami melakukan upaya-upaya demi menjaga kualitas udara, salah satunya dengan penanaman pohon di pinggir jalan raya," ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati dalam siaran pers yang diterima, Kamis (06/10/2022).

Menurut Ety, musim peralihan dari panas ke hujan menjadi salah satu penyebab kualitas udara berstatus baik hingga sedang. Dengan adanya hujan, lanjutnya, partikulat dan partikel lainnya yang mengapung di udara menjadi tersapu dan turun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Ini jadi salah satu faktor kualitas udara terbilang baik. Kami juga melakukan beberapa upaya lainnya seperti kegiatan uji emisi rutin, imbauan penggunaan angkutan massal, imbauan penggunaan bahan bakar dengan kualitas baik dan lain-lain,” jelasnya.

Dia menambahkan, kualitas udara dipengaruhi oleh empat hal. Yaitu arah angin, kelembaban, suhu dan cuaca.“Upaya-upaya ini tidak bisa hanya dilakukan dengan DLHK Kota Depok. Butuh peran aktif masyarakat untuk menciptakan kualitas udara yang baik dan layak. Diharapkan masyarakat sadar dan ikut menjaga lingkungan. Contohnya dengan menanam pohon dipekarangan, menangani sampah dengan baik dan benar, dan lain-lain," papar Ety. (Rusdy Nurdiansyah)

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image