Etika Pelajar di Dunia Digital

Edukasi  
Desra mengatakan warga digital harus sadar mengenai hal yang baik dan tidak baik.

ruzka.republika.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali menggelar acara webinar Indonesia Makin Cakap Digital 2022.

Kali ini, webinar mengajak para murid di Jawa Timur untuk berdiskusi dengan tema 'Etika Pelajar di Dunia Digital'.

Secara umum etika merupakan norma, pedoman, aturan dan acuan tata cara untuk melakukan perbuatan sehari-hari. Tanpa adanya etika, seseorang tidak dapat mengetahui batasan baik buruknya perilaku yang dilakukan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan SiberKreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital dengan mengusung tema: Etika Pelajar di Dunia Digital. Kegiatan webinar berlangsung pada Kamis, 27 Oktober 2022 pukul 10.00 s/d 12.00 WIB.

Eko Pamuji, Sekretaris PWI Jatim, membuka webinar dengan manyampaikan tips belajar online agar tetap efektif dan menyenangkan.

“Pertama, atur jadwal sesuai jam yang sudah ditentukan. Buat rencana belajar agar tidak tertinggal kegiatan, lalu area belajar senyaman mungkin. Ketika kelas sudah mulai tulis catatan untuk kelas online, hindari kegiatan yang menyebabkan multitasking, yang terakhir makan dan tidur yang cukup," ujar Eko.

Desra, sebagai Key Opinion Leader, menambahkan sebagai warga digital kita harus sadar mengenai hal yang baik dan tidak baik.

“Banyak tantangan yang akan kita hadapi sebagai warga digital. Salah satunya yang adalah hoax atau berita bohong yang sudah banyak beredar di media sosial," pungkasnya.

Lebih lanjut menurutnya adalah penipuan, perundungan, ujaran kebencian, perjudian, sampai pornografi. Tetapi dibalik itu semua ruang digital memberikan peluang bagi kita untuk meningkatkan kreativitas.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan webinar nasional literasi digital di Jawa Timur. Kegiatan ini terbuka untuk para pelajar mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA dan para Guru.

Untuk info kegiatan Literasi Digital lainnya, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo, atau ke website info.literasidigital.id.*

Berita Terkait

Image

Media Sosial Mengubah Sesuatu yang Rumit Jadi Ringkas

Image

Muhajir: Berhati-hati dalam Bermedia Sosial

Image

Kominfo Edukasi Masyarakat dengan Gelar Webinar Literasi Digital

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image