Bulan Imunisasi Anak Nasional Diperpanjang Hingga 16 November

News  
Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kota Depok.

ruzka.republika.co.id--Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kota Depok diperpanjang hingga 16 November 2022. Perpanjangan tersebut berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tanggal 01 November 2022 Nomor16315/KS.02.01/P2P perihal Perpanjangan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, sebelumnya telah dilaksanakan BIAN tahap II di Jawa-Bali pada Agustus dan September 2022 lalu. Kemudian diperpanjang hingga Oktober 2022. Namun, belum mencapai target nasional sehingga kembali dilakukan perpanjangan untuk imunisasi Campak Rubella tersebut.

"Sesuai arahan, pemberian imunisasi bagi anak usia 9-59 bulan di Kota Depok diperpanjang dan akan kembali dilakukan hingga 16 November 2022,” ujar Mary di Balai Kota Depok, Kamis (10/11/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Mary, perpanjangan pelaksananaan BIAN di Kota Depok tertuang dalam surat yang dikeluarkan Sekretariat Daerah Kota Depok Nomor 440/923-Dinkes perihal Revisi Perpanjangan Pelaksanaan BIAN.

Dalam surat tersebut disampaikan beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan cakupan BIAN. Kegiatan yang harus dilakukan yakni menyediakan pelayanan BIAN di Posyandu, Puskesmas, Bidan Praktek Mandiri, Klinik dan Rumah Sakit.

Kemudian, Sweeping door to door, terutama bagi kelurahan yang capaian imunisasi Measles dan Rubella (MR) rendah dengan melibatkan lintas sektor. Termasuk, organisasi profesi, asosiasi fasilitas kesehatan dan Babinsa serta Babinkamtibmas.

“Lalu jadwal sweeping dilaporkan ke Dinkes melalui link https://bit.ly/JadwalSweepingBIAN serta melaporkan cakupan layanan BIAN secara real time, termasuk layanan swasta melalui Puskesmas sesuai wilayah masing- masing,” jelasnya.

Dinkes Kota Depok juga akan melakukan pendampingan, terutama kepada kelurahan dengan cakupan imunisasi yang rendah. Sehingga diharapkan cakupan BIAN di Kota Depok dapat maksimal.

"Saya berpesan kepada masyarakat yang ingin membawa anaknya mengikuti BIAN dapat mendatangi Puskesmas Kota Depok atau Pos Vaksinasi terdekat. Imunisasi ini gratis, bagi yang belum bisa datang ke Puskesmas setempat atau Pos Vaksinasi terdekat,” terang Mary. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Puskesmas Cilangkap Pindahkan Layanan Vaksinasi Covid-19 ke Hari Sabtu, Genjot Capaian BIAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image