Akses Masuk SDN Pondok Cina 1 Terhalang Trotoar, Imam Budi Hartono: Siswa Belajar Tetap Terjamin

News  
SDN Pondok Cina 01 Kota Depok. Ist

ruzka.republika.co.id - Akses jalan masuk SDN Pondok Cina 01 terhalang trotoar Jalan Margonda, Kota Depok ditanggapi Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.
Menurut Imam Budi Hartono, trotoar yang menutupi akses jalan masuk ke SDN tersebut bukan untuk menghalangi anak murid untuk belajar di SDN Pondok Cina tersebut. Melainkan untuk alasan keselamatan siswa dan mengakomodir aspirasi masyarakat.
Imam Budi Hartono menjelaskan, Pemerintah Kota Depok memahami keresahan masyarakat mengenai dampak pembangunan yang saat ini tengah berlangsung.
Ia menegaskan, Pemerintah Kota Depok komitmen bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara yang dijunjung tinggi.
"Hak-hak belajar peserta didik tetap terjamin selama dan setelah proses pembangunan," tutur Imam Budi Hartono.
Lebih lanjut, Imam Budi Hartono mengatakan Dinas Pendidikan Kota Depok telah memberikan surat melalui Kepala Sekolah SDN Pondok Cina 1 sejak 7 November 2022 bahwa bangunan sekolah tersebut resmi dinonaktifkan.
"Sudah disosialisasikan oleh Dinas Pendidikan melalui kepala Sekolah kepada seluruh orang tua dan wali murid," ungkap Imam Budi Hartono.
Kata Imam Budi Hartono, Pemerintah Kota Depok memastikan kegiatan belajar-mengajar SDN Pondok Cina 1 tetap dilaksanakan secara daring pada tanggal 7-11 November 2022.
Kemudian, mulai tanggal 14 November 2022, kegiatan belajar mengajar tatap muka berlangsung di SDN Pondok Cina 3 dan SDN Pondok Cina 5.
"Rencana pengalihan fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 telah dicanangkan sejak tahun 2016. Hal ini mempertimbangkan keamanan peserta didik karena lokasi bangunan sekolah berada di depan ruas jalan besar," ungkap Imam Budi Hartono.
Selain masalah keselamatan siswa, juga ada aspirasi masyarakat Depok untuk dibangun Masjid Raya Margonda
Lanjut pria yang akrab disapa Bang Imam, Pemerintah Kota Depok berencana mengalihfungsikan lahan bekas SDN Pondok Cina 1 menjadi Masjid Raya Margonda.
Terkait pembangunan trotoar Margonda kata Imam Budi Hartono, telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena bangunan sekolah telah resmi dinonaktifkan.
"Sekolah (SDN Pondok Cina 1) pinggir Margonda relokasi ke dalam, lokasi lebih oke dan nyaman aman. Selanjutnya trotoar akan disesuaikan dengan DED Masjid Raya Margonda," tuturnya.
Pemerintah Kota Depok sambung Bang Imam, akan berdialog dengan orang tua siswa SDN Pondok Cina 01 untuk mencari solusi terbaik.
Menurut Imam, keberadaan Masjid Raya di Jalan Margonda bisa membantu masyarakat menjalankan ibadah sholat.
"Banyaknya aspirasi masyarakat berharap ada masjid raya di kawasan Jalan Margonda. Kami sebagai pemerintah kota Depok merespon dengan rencana ini," tuturnya.
Untuk mendukung rencana pembangunan Masjid Raya di kawasan Jalan Margonda, sambung Imam Budi Hartono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah melihat kondisi tempat Masjid Raya akan dibangun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image