Ini Penampakan Masjid Agung Kota Depok, Segera Dibangun di Lahan Relokasi SDN Pocin

Nasional  
Ini penampakan Masjid Agung Kota Depok, Masjid Agung Jami Al Quddus di Jalan Margonda Raya.

ruzka.republika.co.id--Kota Depok akhirnya akan memiliki Masjid Agung yang diberi nama Masjid Jami Al Quddus di Jalan Margonda Raya. Masjid agung tersebut akan dibangun pada 2023 yang berlokasi di lahan relokasi SD Negeri (SDN) Pondok Cina (Pocin) 1, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji.

Ruang shalat utama di lantai 1

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dudi Mi'raz mengatakan, tahun depan, Pemerintah Provisi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan membangun Masjid Agung Jami Al Quddus dengan anggaran biaya dari APBD Jabar sebesar Rp 18,8 miliar.

"Kami sudah mengambil langkah persiapan pembangunan Masjid Jami Al Quddus sejak November 2021. Kemudian pada 14 Februari 2022 bersurat ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Maret 2022 Gubernur Jabar kunjungan ke Lokasi SDN Pondok Cina 1," ujar Dudi saat konferensi pers di Balai Kota Depok, Jumat (11/11/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dudi menegaskan di lahan relokasi SDN Pondok Cina 1 rencananya akan dibangunkan Masjid Agung Jami Al Quddus. "Lokasinya di Jalan Margonda Raya karena juga memang selama ini belum ada masjid, jadi Masjid Agung Jami Al Quddus ini dapat dimanfaatkan untuk warga yang melintas dan masyarakat sekitarnya," terangnya.

Pendestrian Masjid Agung Kota Depok, Masjid Jami Al Quddus.

Menurut Dudi, Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) Pembangunan Masjid Agung Jami Al Quddus sudah selesai dibuat. Rencananya 2023 awal mendatang pembangunan sudah bisa dimulai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar senilai Rp 18,8 miliar.

"Masjid Agung Jami Al Quddus akan berdiri di atas lahan seluas 1.603 meter persegi. Diperkirakan Agustus 2023 pembangunan telah selesai. Tahapan pelaksanaan perizinan hampir tuntas, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sudah tanda tangan bersama perwakilan masyarakat sudah setuju mengenai pembangunan Masjid Agung Jami Al Quddus," pungkas Dudi. (Rusdy Nurdiansyah)

 

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image