Kota Depok Raih Penghargaan ODF 100 Persen

Nasional  
Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama jajarannya usai menerima penghargaan ODF 100 Persen di halaman Gedung Sate, Bandung, Senin (14/11/2022). (Foto: Istimewa).

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan sebagai kota yang 100 persen telah melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kategori Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

"Sehat adalah anugerah, sehat juga asa. Karena itulah Pemkot Depok terus berikhtiar menjadikan Kota Depok, kota sehat sesuai dengan misinya mewujudkan kota yang aman, sehat, dan nyaman,” ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai menerima Piagam Penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Provinsi Jabar di Halaman Gedung Sate, Bandung, Jabar, Senin (14/11/2022).

Menurut Idris, salah satu unsur kota sehat adalah program STBM yang pilar pertamanya ODF. Yaitu bebas dari perilaku Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar memberikan sertifikat atas deklarasi ODF kota 100 persen di semua kelurahan, sebagai motivasi dan pendorong utama menuju Kota Sehat di tahun 2023,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 63 kelurahan di Kota Depok telah melaksanakan deklarasi ODF 100 persen. Selanjutnya, Kota Depok menjalani verifikasi lapangan oleh Pemprov Jabar. Dari hasil penilaian tersebut, Kota Depok berhasil mendapatkan penghargaan yang merupakan kota pertama di Jabar. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Depok Ajukan Jadi Kota ODF Pertama di Jabar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image