Dinas PUPR Depok Rencana Tata Kawasan Sempadan Sungai

News  
Penataan kawasan sempadan sungai dan situ Elok Cantik dan Menawan di Kota Depok atau SeCAWAN Depok.

ruzka.republika.co.id--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok sedang melakukan perencanaan penataan kawasan sempadan sungai. Nantinya, pembangunan dengan nama Sungai dan Situ Elok Cantik dan Menawan di Kota Depok atau SeCAWAN Depok, akan mengangkat potensi sumber daya air lainnya di Kota Depok.

“Pembangunan tersebut tidak hanya berfokus pada perkuatan tebing sungai, tetapi juga pemanfaatan sempadan sebagai kawasan yang bisa dijadikan tempat wisata yang ramah lingkungan,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok, Argha Darma Tubagus di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Rabu (30/11/2022).

Menurut Argha, potensi sumber daya air lainnya yang bisa digali, seperti situ yang sangat potensial untuk dijadikan tempat pariwisata, khususnya bagi masyarakat Depok. Penataan kawasan sempadan sungai tersebut juga merupakan langkah konkret Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, untuk mulai memaksimalkan ruang terbuka hijau.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Utamanya sebagai sarana yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain, selain pariwisata," terangnya.

Lanjut Argha, program SeCAWAN Depok akan digulirkan pada 2023, yang akan dimulai di sejumlah situ, di antaranya Situ Tipar, Situ Cilangkap dan Saluran Sekunder Cabang Tengah. Tentunya, dengan anggaran yang tersedia di 2023.Menyusul di tahun anggaran 2024 yaitu di Situ Citayam dan Saluran Cabang Barat Kelurahan Cipayung. "Mudah-mudahan realisasi berjalan sesuai rencana,” ungkapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image