Gaya Hidup

Pemkot Depok Raih Penghargaan Indeks Daya Saing Digital Daerah

Pemkot Depok menerima penghargaan EV-DCI.

ruzka.republika.co.id--Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan Indeks Daya Saing Digital Daerah atau East Ventures-Digital Competitiveness Index (EV-DCI) pada ajang Regional Summit tahun 2022. Ini merupakan event tahunan dari Katadata Insight Center (KIC) dan East Ventures, perusahaan venture capital pelopor investasi startup teknologi.

“Alhamdulillah, Pemkot Depok mendapatkan penghargaan atas pertumbuhan Indeks Tertinggi Daya Saing Digital Daerah," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto usai menerima penghargaan diberikan di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (01/12/2022).

Menurut Manto, EV-DCI merupakan pemetaan daya saing digital daerah yang dibentuk dari 3 sub-indeks, 9 pilar, dan 50 indikator. Sub-indeks pembentuknya adalah input, output, dan penunjang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Adapun pilar pembentuknya, yaitu sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pengeluaran TIK, perekonomian, kewirausahaan dan produktivitas. Selanjutnya, ketenagakerjaan, infrastruktur, keuangan dan regulasi serta kapasitas pemerintah daerah (Pemda),” jelasnya.

Ia menambahkan, event yang telah berjalan sejak 2020 ini bertujuan mempertemukan para stakeholder, di tingkat pemerintah pusat dan daerah, pelaku bisnis dan civil society. Untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

“Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi sekaligus tantangan bagi kami khususnya Kota Depok, agar dengan nilai yang baik, bisa berdampak langsung kepada masyarakat,” terang Manto.

Lanjut Manto, dengan nilai indeks daya saing digital daerah yang baik, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat membaik dan indeks pemerataan pembangunan juga semakin baik.

"Tentu diharapkan masyarakat merasakan adanya pemerataan pembangunan di Kota Depok,” harapnya. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Setelah 20 Tahun, Akhirnya Pemkot Depok Bangun Dua Madrasah Negeri