Selain Piala Dunia FIFA, Inilah Trofi Utama Dalam Sepak Bola

Olahraga  
Piala Dunia FIFA merupakan trofi yang paling didambakan.

ruzka.republika.co.id - Piala Dunia FIFA merupakan trofi yang paling didambakan. Setiap pemain ingin sekali mengangkat tinggi karir mereka. Skuad pemenang harus merasakan kegembiraan dan pencapaian yang luar biasa ketika meraihnya.

Bukan hanya tim pemenang yang merayakan saat membawa pulang trofi ini. Memenangkan Piala Dunia dapat menyatukan suatu bangsa, menghasilkan gelombang positif kebahagiaan dan daya saing di seluruh negara.

Sejak didirikan pada tahun 1930, Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali. kecuali tahun 1942 dan 1946, ketika Perang Dunia Kedua menghentikannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Trofi Utama dalam Sepak Bola

Ada banyak kontes dan piala dalam sepak bola. Turnamen sepak bola internasional terpenting tercantum di bawah ini.

FIFA World Cup

Pencapaian (kompetisi) terbesar dalam sepak bola internasional adalah Piala Dunia. Event penting ini dimainkan oleh tiga puluh dua tim dan terjadi setiap empat tahun.

Juara turnamen Piala Dunia diberi Piala Dunia, trofi emas murni.

Dua trofi telah digunakan sejak dimulainya Piala Dunia pada tahun 1930: Trofi Jules Rimet dari tahun 1930 hingga 1970 dan Trofi Piala Dunia FIFA dari tahun 1974 hingga sekarang.

Dengan $20 juta, ini adalah salah satu penghargaan termahal dalam sejarah olahraga.

Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2. Tahun 2022, Qatar menjadi tuan rumah edisi ke-22 turnamen tersebut.

FIFA Confederations Cup (Dihapus 2019)

Juara turnamen konfederasi, negara tuan rumah, dan juara piala dunia semuanya lolos ke grup tim ini untuk bersaing di Piala Konfederasi FIFA.

Selain itu, itu terjadi setiap empat tahun, seperti halnya Piala Dunia. Satu-satunya negara dengan dua kemenangan Piala Konfederasi FIFA adalah Brasil dan Prancis.

Jerman mengalahkan Cile 1-0 untuk memenangkan Piala Konfederasi terbaru, yang dimainkan di Rusia pada Juni 2017.

Continental (non-internasional)

UEFA European Football Championship

Kompetisi ini, terkadang dikenal sebagai Euro, adalah yang paling banyak ditonton di Eropa (internasional). Setiap empat tahun, itu terjadi (dua tahun sebelum Piala Dunia berikutnya terjadi).

Sembilan grup membentuk kualifikasi untuk turnamen ini, dengan dua tim teratas dari setiap grup, tempat ketiga terbaik, dan pemenang play-off antara tim tempat ketiga yang tersisa pindah ke babak grup utama berikutnya, dan seterusnya.

Gelar terbanyak, tiga, diraih oleh Jerman dan Spanyol. Kejuaraan terakhir dimenangkan oleh Italia pada tahun 2021, mengalahkan Inggris melalui adu penalti 4-3.

UEFA Nations League

Tim nasional pria senior dari asosiasi anggota UEFA, badan pengatur olahraga Eropa, bersaing dalam kompetisi sepak bola asosiasi internasional UEFA Nations League dua tahunan yang baru.

Pada September 2018, segera setelah Piala Dunia FIFA 2018, turnamen pertama dimulai.

Empat juara grup Liga A akan melaju ke final, yang akan berlangsung pada Juni 2019 di lokasi Eropa yang belum ditentukan.

Empat negara juga akan memenuhi syarat untuk bersaing di final UEFA Euro 2020, satu dari setiap Liga.

Ke-55 tim nasional UEFA, termasuk Kosovo, akan dibagi menjadi empat divisi (disebut sebagai "Liga"), dengan 12 tim di Liga A, 12 tim di Liga B, 15 tim di Liga C, dan 16 tim di Liga D, sesuai dengan format yang telah disetujui sebelumnya (sebelum Kosovo menjadi anggota UEFA).

Empat grup dibuat di setiap liga, dengan tiga atau empat tim di setiap grup, dan mereka bersaing satu sama lain baik di kandang maupun tandang.

AFC Asian Cup

Meskipun Australia diizinkan dan pernah memenangkan turnamen, ini adalah kompetisi utama negara-negara Asia.

Konfederasi Sepak Bola Asia menjadi tuan rumah Piala Asia AFC, sebuah kompetisi sepak bola internasional.

Setelah Copa América, ini adalah kejuaraan sepak bola kontinental tertua kedua dalam sejarah. Tim yang menang dinobatkan sebagai juara Asia.

CAF Africa Cup of Nations

Untuk negara-negara CAF (Afrika), ini adalah persaingan utama. Setiap dua tahun, ini menampilkan 16 tim dari Afrika dan diadakan pada bulan Januari atau Februari di tahun yang sama dengan Olimpiade Musim Panas dan Final Kejuaraan Eropa UEFA.

Ini adalah pencapaian terbesar dari skuad Afrika internasional mana pun. Senegal merebut trofi dalam kompetisi terbaru, yang berlangsung di Kamerun pada Februari 2022.

CONMEBOL Copa America

Di sinilah CONMEBOL menghadapi oposisi asing terberatnya. Ini terdiri dari semua tim CONMEBOL.

Waktu terjadinya bervariasi secara teratur karena tidak ada interval yang ditetapkan.

Argentina merebut gelar sebanyak 15 kali mengalahkan Brasil pada 2021 dengan kemenangan 1-0. Argentina dan Uruguay adalah negara dengan kemenangan terbanyak (15 kali juara). Pada 2011 kemenangan terakhir Uruguay di Copa America.

CONCACAF Gold Cup

Kompetisi utama wilayah CONCACAF adalah kompetisi ini. Dengan 8 gelar, Meksiko kini memegang rekor kemenangan terbanyak.

Juara terbaru, Amerika Serikat, dengan enam gelar, diikuti Kanada dengan satu gelar. Selain itu, tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan untuk ini.

OFC Nations Cup

Anggota Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC) bersaing dalam turnamen sepak bola asosiasi internasional yang dikenal sebagai OFC Nations Cup.

Dari tahun 1996 hingga 2004, diperebutkan setiap dua tahun; sebelum itu, Piala Bangsa Oseania adalah nama dari dua acara selanjutnya yang diadakan secara sporadis.

Tidak ada kompetisi pada tahun 2006. Tetapi Selandia Baru memenangkan edisi 2008, yang juga berfungsi sebagai turnamen kualifikasi Piala Konfederasi FIFA 2009 dan play-off untuk Piala Dunia FIFA 2010.

Kompetisi klub

FIFA Club World Cup

Trofi ini, yang sebelumnya dikenal sebagai Piala Interkontinental, adalah satu-satunya yang menyertakan klub top terbaik dari keenam gelar konfederasi. Chelsea memenangkan kejuaraan terakhir pada tahun 2022.

Liga Champions UEFA dan Liga Eropa

Liga Champions adalah pertarungan terbesar antara pemenang liga Eropa. 32 tim lolos ke babak round robin, setelah itu 16 tim dari setiap grup maju ke sistem gugur, perempat final, semifinal, dan final.

Liga Champions AFC

Konfederasi Sepak Bola Asia menjadi tuan rumah Liga Champions AFC, juga disebut sebagai Liga Champions Asia, yang merupakan kompetisi sepak bola klub kontinental tahunan.

Kompetisi yang dimulai pada tahun 2002 ini merupakan kelanjutan dari Asian Club Championship yang diracik pada tahun 1967.

Liga Champions CAF

Liga Champions UEFA lebih bergengsi daripada Liga Champions CAF. Itu juga dimainkan mirip dengan UEFA, kecuali setelah banyak babak kualifikasi, delapan klub berada di babak penyisihan grup.

Wydad AC memenangkan gelar terakhir pada tahun 2022, dan itu adalah kejuaraan ketiga mereka. Juara kompetisi mendapatkan tempat di FIFA World Club Cup.

CONMEBOL Copa Libertadores

Liga klub nasional paling populer di luar UEFA karena menikmati tingkat prestise yang sama. Pada tahun 2022 juara saat ini adalah Independiente dari Argentina.

CONCACAF Champions League

Klub sepak bola top di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia bersaing di Liga Champions CONCACAF, kompetisi sepak bola klub kontinental tahunan, yang dijalankan oleh CONCACAF.

Juara Liga Champions CONCACAF mendapatkan tempat di Piala Dunia Klub FIFA.

Karena sponsor dari Scotiabank, acara tersebut secara resmi dinamai sebagai Liga Champions CONCACAF Scotiabank mulai Februari 2015.

OFC Champions League

Liga sepak bola klub teratas di Oseania adalah Liga Champions OFC, biasanya disebut sebagai O-League.

Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC), badan pengatur sepak bola Oseania, bertugas mengaturnya. Ini telah berjalan dalam format saat ini sejak 2007, mengikuti Kejuaraan Klub Oseania.

Papua Nugini dan Kaledonia Baru adalah satu-satunya negara Pasifik yang memenangkan Liga Champions OFC, dengan 12 gelar diberikan kepada tim yang berbasis di Selandia Baru.*

Berita Terkait

Image

Musisi Nigeria Bakal Goyang Piala Dunia 2022 Qatar

Image

Ukraina Desak FIFA Keluarkan Iran dari Piala Dunia 2022 Qatar

Image

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Berikut Negara Peserta Lainnya Termasuk Israel

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image