Nasional

PT Tirta Asasta Depok Duduki Peringkat ke 3 Nasional Kategori Pelanggan 50.001-100.000

Kantor PT Tirta Asasta Depok.

ruzka.republika.co.id--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Air Minum melakukan penilaian kinerja BUMD Air Minum tahun 2020 melalui rilis Buku Kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum tahun 2020 sebagai hasil penilaian kinerja tahun buku 2019 terhadap 387 BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

"Untuk penilaian tahun 2022, PT Tirta Asasta Depok menduduki peringkat ke-3 Kategori Pelanggan 50.001-100.000 tingkat Nasional," ujar Direktur Utama PT Tirta Asasta Depok, M. Olik Abdul Holik dalam siaran pers yang diterima, Kamis (02/02/2023).

Adapun proses penilaian kinerja BUMD tahun 2022 juga dilakukan melalui 3 tahapan yaitu inventarisasi data, penyelarasan data sebelum dilakukan penghitungan ke dalam formula Penilaian Kinerja BUMD Air Minum dan Penetapan Kategori Kinerja BUMD Air Minum yang selanjutnya dilanjutkan dengan 4 aspek penilaian yaitu aspek keuangan, pelayanan, operasional dan SDM yang dan barulah keluar hasil BUMD Air Minum dengan 3 kategori yaitu sehat, kurang sehat dan sakit.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Dari aspek penilaian kesehatan air, PT Tirta Asasta Depok berada diperingkat 3 dari 206 BUMD Air Minum Nasional dengan Kinerja Tertinggi Pada Kelompok Jumlah Pelanggan 50.001 s.d 100.000 SL dengan nilai 4,06 dan hasil kinerja air yang sehat dengan jumlah pelanggan (SL) sebanyak 85.654,” terang Olik.

Lanjut Olik, pihaknya juga terus melakukan inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kinerja. "Salah satunya yang sudah dikembangkan PT Tirta Asasta yaitu pengembangan Zona Air Minum, peningkatan kapasitas produksi, sertifikasi ISO 90001:2015, 14001:205 dan ISO 37001," jelasnya.

Peringkat ini dianggap cukup baik karena PT Tirta Asasta Depok pada tahun 2021 berada diperingkat ke-11 dalam skala nasional penilaian kerja BUMD berdasarkan laporan kinerja tahunan yang disusun oleh pemerintah kota/kabupaten sebagai pencapaian Rencana Program Jangka Panjang (RPJMD), dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI).

"Hasil yang diraih merupakan kerja keras dari jajaran direksi, senior dan para menejer serta rekan-rekan karyawan PT Tirta Asasta Depok. Tentu juga tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Provinsi hingga Pusat termasuk juga masyarakat Kota Depok. Dengan pencapaian dan prestasi yang sudah baik ini kami harap bisa menjadi pemacu untuk PT Tirta Asasta Depok agar menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya dan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan untuk pelanggan dan masyarakat di Kota Depok," papar Olik. (Rusdy Nurdiansyah)