Ekonomi

Depok Fasilitasi Pendaftaran HKI Gratis untuk 50 IKM

Puluhan pelaku IKM di Kota Depok mengikuti pendampingan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

RUZKA REPUBLIKA -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok melalui bidang Perindustrian melakukan sosialisasi dan pendampingan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada 50 Industri Kecil Menengah (IKM).

"HKI yang difasilitasi pembuatannya adalah hak merek produk," kata Kepala Disdagin Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin, Rabu (13/03/2024).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia menjelaskan, pihaknya membantu IKM mendaftarkan merek dagangnya ke Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Disdagin Kota Depok akan membantu IKM mendaftarkan merek dagang Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) Kemenkumham.

Baca Juga: Komunikasi Kesehatan Mental

Menurutnya, HKI mempunyai sejumlah fungsi penting bagi pelaku usaha untuk memberikan perlindungan hukum terhadap penciptaan karya.

"Kami setiap tahun memfasilitasi puluhan IKM untuk mendaftarkan mereknya, ini gratis IKM tidak dibebankan biaya apapun,” jelas Dudi.

Setiap pelaku usaha dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok senilai Rp1,8 juta. Tim Dirjen KI Kemenkumham RI akan membantu pelaku IKM hingga HKI terbit.

Baca Juga: Depok Trail Running Academy Torehkan Prestasi Gemilang di UTMB Prancis

Sertifikat HKI ini dapat menjadi alat bukti bagi pemilik bahwa merek yang dimilikinya itu hasil karya ciptanya atau original. HKI merek ini juga menjadi aset usaha dan dapat meningkatkan daya saing ekonomi bagi para pelaku IKM.

"Kami berharap pelaku usaha bisa naik kelas karena mereknya sudah terlindungi, terhindari dari penjiplakan merek orang lain, dan ada rasa aman," ungkap Dudi. (***)

Sumber: depok.go.id

Berita Terkait

Image

Pemkot Depok Bentuk CSIRT, Dapat Mendukung SPBE yang Lebih Aman

Image

17 Agustus 1945, Indonesia Merdeka, Tapi Depok Lebih Dulu Merdeka, Begini Ceritanya

Image

Tingkatkan Kreativitas, Pemkot Depok akan Dorong Pelaku Industri Fesyen