Nasional

Dirjen Imigrasi Silmy Karim Terjun Langsung Layani Masyarakat di Bandara Soekarno-Hatta

Dirjen Imigrasi Silmy Karim melayani masyarakat di Bandara Soekarno-Hatta.

RUZKA REPUBLIKA -- Dirjen Imigrasi Silmy Karim turun langsung melayani masyarakat sebagai petugas konter imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (14/09/2024).

Pada pukul 05.00 WIB, Silmy sudah mengikuti apel pagi bersama tim, sebelum melanjutkan tugasnya di konter nomor 5.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di sini, ia berinteraksi dengan para pelintas yang datang dan pergi, merasakan dinamika yang dihadapi oleh petugas imigrasi setiap harinya.

Baca Juga: SKSG UI Gelar Strategic Policy Forum, Beri Masukan ke Prabowo-Gibran

Dengan penuh semangat, ia melayani dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, memberikan kesan bahwa kehadirannya tidak hanya sebagai pimpinan, tetapi juga sebagai pelayan publik yang aktif.

Tidak hanya melayani di konter, Silmy juga memantau langsung jalannya proses imigrasi di seluruh area perlintasan bandara.

Ia turut membantu pelintas yang menggunakan Autogate, sebuah sistem otomatis yang mempermudah proses pengecekan imigrasi.

Baca Juga: Satgas Dinas PUPR Depok Terjun Penanganan Longsor Turap Kali Cipinang

Dengan terjun langsung ke lapangan, Silmy berusaha memahami tantangan yang dihadapi oleh petugasnya sehari-hari.

Menurutnya, pengalaman ini merupakan cara efektif untuk merasakan sendiri peran penting petugas imigrasi sebagai penjaga gerbang negara dengan segala suka duka yang ada.

Selain melayani dan memantau, Silmy juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas dan peralatan di area imigrasi berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kariska, dari Menteng ke Gunung Kidul, Kembali ke Masjid

Ia secara teliti memeriksa kondisi peralatan, dari sistem komputer hingga perangkat pendukung lainnya, memastikan semuanya berjalan lancar.

Ini dilakukannya untuk mengetahui apakah ada masalah yang memerlukan perbaikan dan apakah peralatan yang ada masih dalam kondisi prima.

Pengawasan langsung seperti ini dianggap penting untuk menjaga kualitas pelayanan di bandara sebagai salah satu pintu masuk utama ke Indonesia.

Baca Juga: Peristiwa Kebakaran Terjadi di Depok, Hanguskan Rumah di Kukusan

Dengan terjun langsung melayani masyarakat, Silmy juga ingin memastikan bahwa pelayanan di Imigrasi tetap prima dan humanis.

Ia berharap bahwa dengan cara ini, ia bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai apa yang bisa diperbaiki, baik dari segi sistem maupun sumber daya manusia.

Pengalaman ini memberikan perspektif yang berbeda bagi Dirjen, sekaligus menjadi contoh bahwa pimpinan tertinggi sebuah lembaga harus memahami kondisi di lapangan secara langsung.

Baca Juga: Pemkot Depok akan Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Meniti Jalan Hidayah, Raih Hidup Berkah

Tindakan Silmy Karim ini menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Imigrasi Indonesia.

Dengan turun langsung ke lapangan, ia tidak hanya memberikan motivasi kepada para petugas imigrasi, tetapi juga menunjukkan bahwa seorang pemimpin harus peka terhadap kebutuhan masyarakat serta petugasnya.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelayanan imigrasi dan menciptakan proses yang lebih efisien dan nyaman di masa depan. (***)