Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI Raih Akreditasi Unggul

Info Kampus  
Gedung Vokasi UI Depok

ruzka.republika.co.id--Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan akreditasi unggul pada program studi (prodi) Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI pada Selasa (14/6) melalui Surat Keputusan (SK) BAN-PT No. 3688/SK/BAN-PT/AK-ISK/Dipl-III/VI/2022.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., mengatakan bahwa setelah menjadi prodi bidang asuransi dan aktuaria pertama di Indonesia yang meraih akreditasi unggul, prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI akan terus berupaya untuk meningkatkan prestasi dan mencetak lulusan yang unggul.

“Setelah sebelumnya prodi Akuntansi yang meraih akreditasi “Unggul”, kini prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria juga menyusul dengan prestasi yang sama. Sebagai prodi yang berfokus pada kompetensi di bidang asuransi dan aktuaria, tentunya kami berharap dapat mencetak lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Wicaksono dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (2/7/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 menjelaskan bahwa BAN-PT telah merilis Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0 dan Akreditasi Perguruan Swasta APS 4.0 dengan 9 standar yang digunakan sebagai pembaharuan instrumen sebelumnya yaitu APT 2.0 dan APS 3.0 dengan 7 standar.Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI dinyatakan memperoleh peringkat Akreditasi Unggul setelah melalui rangkaian proses IPEPA (Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi).

IPEPA merupakan instrumen pemantauan yang baru digunakan oleh BAN-PT saat program kampus merdeka berlangsung untuk perpanjangan akreditasi. “Ini menjadi penghargaan bagi kami dan para sivitas akademika Vokasi UI atas kerja keras yang dilakukan untuk mencapai prestasi tersebut. Semoga pencapaian akreditasi ini dapat merepresentasikan keunggulan mutu pendidikan yang dimiliki Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria,” jelas Wicaksono.

Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI melakukan proses pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang sejalan dengan silabus Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Malaysian Insurance Institute (MII), dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Setiap lulusan nantinya juga akan dibimbing untuk memiliki berbagai sertifikat profesi, yaitu: 1) Ajun Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAAIJ) dan Ahli Asuransi Indonesia Jiwa (AAIJ); 2) Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAIK) dan Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAIK); 3) Associate Societies Actuary Indonesia (ASAI); 4) Certificate in General Insurance (CGI) dan Certificate in Life Insurance (CLI); 5) Certificate of The Malaysian Insurance Institute (CMII) – Life and Certificate of The Malaysian Insurance Institute – General; dan 6) Underwriting Asuransi Level 5.

Penjelasan lebih lengkap terkait dengan program studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI dapat diakses pada laman https://vokasi.ui.ac.id. Prodi Administrasi Asuransi dan Aktuaria Vokasi UI sendiri telah membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru melalui jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Seleksi Ujian Tulis SIMAK UI.Untuk info lengkap mengenai penerimaan calon mahasiswa dapat diakses pada laman https://penerimaan.ui.ac.id. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

QS Asia University Rankings 2023, UI Posisi 1 di Indonesia

Image

QS Higher Ed Summit: Asia Pasifik 2022, Bahas Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi

Image

12 Dosen dan Peneliti UI Masuk Worlds Top 2 Scientists 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com/0818701344

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image