Cara menjadi bahagia: 5 kebiasaan yang bisa ditambah di rutinitas kamu

Gaya Hidup  
Kebiasaan positif akan mengubah kehidupan (Republika)
Kebiasaan positif akan mengubah kehidupan (Republika)

ruzka.republika.co.id-- Kebiasaan itu penting. Jika kamu pernah mencoba menghentikan kebiasaan buruk, kamu pasti tahu betapa mendarah dagingnya mereka.

Nah, kebiasaan baik juga sudah berurat berakar. Mengapa tidak berusaha menjadikan kebiasaan positif sebagai bagian dari rutinitas kamu?

Berikut ini beberapa kebiasaan harian, bulanan, dan tahunan untuk membantu memulai pencarian kamu. Ingatlah bahwa versi kebahagiaan setiap orang sedikit berbeda, dan begitu juga jalan mereka untuk mencapainya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika beberapa kebiasaan ini menambah stres atau tidak sesuai dengan gaya hidup kamu, buang saja. Dengan sedikit waktu dan latihan, Anda akan mengetahui apa yang berhasil dan tidak untuk kamu.

Dikutip dari healtline, kebiasaan sehari-hari berikut dapat membantu kamu mencapai lebih banyak kebahagiaan dalam hidup.

1. Tersenyum, kamu cenderung tersenyum ketika kamu bahagia. Tapi itu sebenarnya jalan dua arah. Kita tersenyum karena kita bahagia, dan tersenyum menyebabkan otak melepaskan dopamin, yang membuat kita lebih bahagia.

Meskipun tidak sepenuhnya mudah, para peneliti telah menemukan bahwa hubungan antara tersenyum dan kebahagiaan dapat dikaitkan dengan "hipotesis umpan balik wajah", di mana ekspresi wajah mungkin memiliki pengaruh sederhana pada emosi. Itu tidak berarti kamu harus pergi berkeliling dengan senyum palsu terpampang di wajah kamu sepanjang waktu.

Tetapi lain kali kamu merasa rendah diri, tersenyumlah dan lihat apa yang terjadi. Atau cobalah memulai setiap pagi dengan tersenyum pada diri sendiri di cermin.

2. Latihan Olahraga tidak hanya untuk tubuh kamu. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi sekaligus meningkatkan harga diri dan kebahagiaan. Bahkan sedikit aktivitas fisik dapat membuat perbedaan.

Kamu tidak perlu berlatih untuk triathlon atau memanjat tebing, kecuali itu yang membuat kamu bahagia, tentu saja. Triknya adalah jangan terlalu memaksakan diri. Jika kamu tiba-tiba melemparkan diri kamu ke dalam rutinitas yang berat, kamu mungkin akan berakhir frustrasi (dan sakit).

Pertimbangkan permulaan latihan ini: Berjalan-jalan di sekitar blok setiap malam setelah makan malam. Mendaftar untuk kelas pemula dalam yoga atau tai chi.

Mulailah hari kamu dengan 5 menit peregangan. Ingatkan diri kamu tentang aktivitas menyenangkan apa pun yang pernah kamu nikmati tetapi tidak lagi dilakukan.

Atau kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai aktivitas yang selalu ingin kamu coba, seperti golf, bowling, atau menari.

3. Tidur yang cukup Kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Jika kamu mendapati diri melawan keinginan untuk tidur siang di siang hari atau secara umum merasa seperti berada dalam kabut, tubuh kamu mungkin memberi tahu kamu bahwa perlu lebih banyak istirahat.

Tidak peduli seberapa banyak masyarakat modern kita mengarahkan kita ke kurang tidur, kita tahu bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan yang baik, fungsi otak, dan kesejahteraan emosional.

Tidur yang cukup juga mengurangi risiko kamu mengembangkan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, depresi, dan diabetes.

4. Makan dengan suasana hati dalam pikiran kamu mungkin sudah tahu bahwa pilihan makanan kamu berdampak pada kesehatan fisik Anda secara keseluruhan.

Tetapi beberapa makanan juga dapat memengaruhi keadaan pikiran anda. Sumber Tepercaya Sebagai contoh: Karbohidrat melepaskan serotonin, hormon "merasa baik".

Pertahankan karbohidrat sederhana - makanan tinggi gula dan pati - seminimal mungkin karena lonjakan energi itu singkat dan kamu akan jatuh. Memilih karbohidrat kompleks, seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dapat membantu Anda menghindari kecelakaan sambil tetap menyediakan serotonin.

Daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, dan susu mengandung protein tinggi. Makanan kaya protein melepaskan dopamin dan norepinefrin, yang meningkatkan energi dan konsentrasi. Asam lemak omega-3, seperti yang ditemukan pada ikan berlemak, telah ditemukan memiliki efek anti-inflamasi yang meluas ke kesehatan otak Anda secara keseluruhan.

Jika kamu tidak makan ikan, kamu mungkin mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter tentang kemungkinan suplementasi. Makanan yang diproses atau digoreng cenderung membuat kamu merasa sedih dan juga melewatkan makan.

Jika kamu ingin makan dengan mempertimbangkan suasana hati kamu, pertimbangkan untuk memulai dengan membuat satu pilihan makanan untuk suasana hati kamu setiap hari. Misalnya, tukar kue sarapan yang besar dan manis dengan yogurt Yunani dengan buah.

Kamu masih akan memuaskan gigi manis Anda, dan protein akan membantu Anda menghindari kecelakaan energi di pagi hari. Pertimbangkan untuk menambahkan pertukaran makanan baru setiap minggu.

5. Berlatih bersyukur Cukup dengan bersyukur dapat meningkatkan suasana hati kamu, di antara manfaat lainnya. Misalnya, sebuah studi dua bagian menemukan bahwa mempraktikkan rasa syukur dapat memiliki dampak yang signifikan pada perasaan harapan dan kebahagiaan.

Kamu dapat mencoba memulai setiap hari dengan mengakui satu hal yang kamu syukuri. Anda dapat melakukan ini saat menyikat gigi atau hanya menunggu alarm yang ditunda berbunyi. Saat kamu menjalani hari, pertimbangkan untuk memperhatikan hal-hal menyenangkan dalam hidup kamu. Itu bisa berupa hal-hal besar, seperti mengetahui bahwa seseorang mencintai kamu atau mendapatkan promosi yang memang layak kamu dapatkan.

Tapi bisa juga hal-hal kecil, seperti rekan kerja yang menawari kamu secangkir kopi atau tetangga yang melambai kepada kamu.

Mungkin malah bisa jadi hanya sekedar hangatnya sinar matahari di kulit kamu. Dengan sedikit latihan, kamu bahkan dapat menjadi lebih sadar akan semua hal positif di sekitar kamu. (Mia Nala)

Berita Terkait

Image

Pele Kirim Pesan Soal Kesehatan

Image

Makanan Ini Baik untuk Hati

Image

Berolahraga Secara Kelompok Lebih Banyak Manfaat Kesehatan Untuk Tubuh

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image