Pembekalan Sukses Belajar pada Media Online

News  
M. Adhi Prasnowo, Dosen STIKOSA AWS,
M. Adhi Prasnowo, Dosen STIKOSA AWS,

ruzka.republika.co.id - Literasi digital adalah pengetahuan serta kecakapan dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya

Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif.

Dalam webinar iterasi digital di Jawa Timur, Rabu (28/9/2022), #MakinCakapDigital dengan tema: Sukses Belajar Online dengan Kemampuan Literasi Digital, terjabarkan pemanfaatan literasi digital.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan siswa dan guru sebagai peserta secara daring ini digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan SiberKreasi.

Tema yang dibahas oleh masing-masing narasumber meliputi digital skill, digital culture, digital ethic, dan digital safety.

Pembicara pertama, M. Adhi Prasnowo, Dosen STIKOSA AWS, mengatakan untuk sukses belajar pada media online sebenarnya tidak ada bedanya dengan belajar secara biasa.

“Tetapi pada pembelajaran di media online perlu adanya kemampuan dan pengetahuan kita sebagai murid maupun guru untuk memahami cara aplikasi yang digunakan berjalan. Tantangan belajar di media online juga perlu dipahami para orang tua agar setidaknya mereka mengetahui apa yang anak mereka sedang lakukan," kata Adhi Prasnowo.

Desto sebagai Key Opinion Leader, berbicara dunia online secara tidak langsung kita membahas teknologi yang ada didalamnya. Tentunya hal ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dikatakan Desto, teknologi online dalam pembelajaran sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016 dengan hadirnya sistem E-Learning. Tetapi hanya beberapa institusi perkuliahan saja yang menggunakannya.

Dengan adanya pembaharuan cara belajar di era digital ini diharapkan setiap individu sudah saatnya untuk cakap digital dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang tersedia, perlunya mengupgrade diri & digital skill (kemampuan digital) agar pembelajaran online dapat terlaksana dengan sukses dan maksimal.

E. Rizky Wulandari, Dosen Stikosa AWS, menambahkan, untuk sukses belajar online juga dibutuhkan etika seperti belajar di sekolah pada biasanya.

"Memulai belajar dengan berdoa, memakai pakaian yang rapi, sopan, sesuai dengan tata krama yang berlaku, duduk sopan dan mendengarkan pemaparan serta penjelasan materi oleh guru," imbuhnya.

Kemudian lebih lanjut menurutnya mengaktifkan kamera selama proses pembelajaran dan menonaktifkan mic saat guru menjelaskan. Ketika menulis di kolom komentar gunakan bahasa yang sopan dan segera tanyakan jika ada hal yang kurang jelas.

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Jawa Timur. Kegiatan ini terbuka untuk para pelajar mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA dan para Guru.

Untuk info kegiatan Literasi Digital lainnya, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo, atau ke website info.literasidigital.id.* (yayan)

Berita Terkait

Image

Jejak Digital Sulit Dihilangkan, Perlu Mengupgrade Kemampuan

Image

Etika Pelajar di Dunia Digital

Image

Hati-hati Dalam Membuat Konten, Ini Pesan Para Pakar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image