Ini Tips Olah Daging Kurban di Tengah Wabah PMK

Edukasi  
Tips mengolah daging kurban

ruzka.republika.co.id--Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida membagikan tips mengolah daging kurban di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal ini disampaikan dalam kanal Youtube pribadinya, Ahad (10/07/2022).

Dalam kanal Youtube Sapa Bunda Spesial Idul Adha, Bunda Elly memberikan enam tips untuk masyarakat. Pertama, daging kurban tidak dicuci sebelum diolah. Kedua, jika ingin langsung diolah, rebus daging dalam air mendidih minimal 30 menit.

Berikutnya, kalau daging tidak langsung diolah, maka daging bersama kemasan disimpan terlebih dahulu pada suhu dingin (chiller) minimal 24 jam, kemudian disimpan dalam suhu beku atau freezer. Keempat, pastikan memilih jeroan yang sudah direbus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kelima, kalau jeroan masih mentah, rebus dahulu dalam air mendidih selama 30 menit sebelum disimpan di kulkas atau diolah. Terakhir, bekas kemasan daging dan jeroan tidak langsung dibuang, direndam dahulu dengan disinfektan, pemutih pakaian atau cuka dapur," terang Bunda Elly.

Dia berharap, tips yang disampaikannya dapat bermanfaat untuk masyarakat Kota Depok. Meski sedang terjadi wabah PMK, momentum Iduladha dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

"Semoga kita dapat memetik hikmah dari kisah Nabi Ibrahim AS dan keluarganya. Satu momentum kita untuk berempati, berbagi, dan memberi disekeliling kita. Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," harap Bunda Elly. (Rusdy Nurdiansyah)

Berita Terkait

Image

Permata Depok Sembelih 3 Ekor Sapi dan 11 Kambing

Image

Berikut Niat Sholat Ied Idul Adha Arab dan Latin, Serta Tata Caranya

Image

Hari Raya Idul Adha, Penyaluran Daging Kurban Wali Kota Depok Saran Pakai Daun Pisang dan Jati

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

ruzka.republika@gmail.com/0818701344

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image