Guru Besar FTUI Terpilih Jadi Ketum ADI Periode 2022-2026

Info Kampus  
Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Prof. Mohammed Ali Berawi atau Prof Ale menjadi Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) periode 2022-2026. Dok. ADI
Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Prof. Mohammed Ali Berawi atau Prof Ale menjadi Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) periode 2022-2026. Dok. ADI

ruzka.republika.co.id - Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Prof. Mohammed Ali Berawi atau Prof Ale menjadi Ketua Umum Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) periode 2022-2026.

Terpilihnya Prof Ale berdasarkan hasil kongres V yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kongres tersebut Ketua ADI periode 2018-2022 Dinno Pati Jalal, Sekjend ADI Dr Amirsyah Tambunan dan para pengurus ADI wilayah seperti dari Lampung, Jawa Timur, Jawa barat, Jambi, Sulawesi Tenggara.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Dinkes Depok Mulai Beri Imunisasi PCV Secara Gratis

Prof Ale mengatakan akan terus melanjutkan program untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen di Tanah Air.

Dia juga akan membawa ADI lebih aktif memberikan sumbangsih demi kemajuan bangsa.

“ADI sebagai organisasi pendidik di Indonesia akan terus meningkatkan perannya bagi peningkatan kualitas dan kapasitas dosen. Selain itu juga akan berperan aktif dalam berkontribusi mencerdaskan bangsa dan membangun negara,” katanya melalui keteranganya diterima ruzka.republika.co.id, Sabtu (17/9).

Baca juga: Pemkot Depok Buka Lowongan dengan Kuota 1.072 Orang

Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) itu menambahkan, program kerja yang dilakukan secara internal dan eksternal.

Salah satunya, meningkatkan peran aktif dosen dalam pembangunan.

“Salah satu cara memajukan kualitas bangsa bisa dimulai dengan meningkatkan peran komunitas ilmiah sehingga pengambilan keputusan dapat lebih solid dengan berbasiskan pada policy-based-evidence,” ujarnya.

Baca juga: Warga Depok Diajak Sukseskan Survei Registrasi Sosial Ekonomi

Dalam hal pengembangan kompetensi dosen, ADI melakukan program kunjungan dan kerja sama antara dosen dengan perguruan tinggi.

“Kami juga melakukan program penyediaan dukungan bagi dosen untuk kegiatan yang mendukung riset dan publikasi melalui berbagai pelatihan upskilling. Serta dalam hal kemitraan, kami akan menjalin hubungan kerja sama strategis dengan parapihak terkait di berbagai sektor,” ungkapnya.

Prof Ale yang juga menjadi Ketua Bidang transformasi teknologi dan inovasi di Tim Transisi IKN dan Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI menambahkan, kolaborasi antara dosen dengan diaspora yang memiliki kesamaan bidang riset juga dilakukan.

Baca juga: Pembangunan Peningkatan Ruas Jalan Kartini Depok Mulai Dilakukan

Sehingga bisa melakukan penelitian bersama yang mendukung program pemerintah.

“Pairing antara dosen dengan diaspora diperlukan agar bisa dilakukan penulisan ilmiah, penelitian kolaboratif dan pengelolaan ejournal,” katanya.

Hasil penemuan dari penelitian, publikasi ilmiah, merupakan bagian dari pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat menjadi bahan pengajaran di kelas.

Baca juga: Jadwal BPJS Kesehatan Keliling Cabang Depok Bulan September Wilayah Kecamatan Bojongsari

Yang tak kalah penting kata dia yaitu melakukan kemitraan strategis dengan Kemendikbud Ristek dan industri.

Menurutnya menjalin kerja sama dengan mitra strategis diperlukan dalam rangka membangun iklim yang sejalan antara perguruan tinggi dengan industri.

“Dialog berkala dalam konteks sustainable future antara ADI dengan KADIN, HIPMI, Int. Chambers of Commerce dan praktisi korporat lain juga dilakukan agar kampus dapat mencetak lebih banyak enterprenuer di masa mendatang,” pungkasnya. (Supriyadi)

Berita Terkait

Image

Tiga Mahasiswa FTUI Gagas Panel Surya dengan Manfaatkan Limbah Plastik

Image

Pemanfaatan Ekonomi Biopharming Lebah Trigona di Pesantren di Lombok Timur

Image

UI International Conference on G20 Bahas Kebijakan Percepatan Energi Terbarukan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image