IKPM Darussalam Gontor Depok Gelar Silaturahmi

Komunitas  
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengahadiri silaturahmi IKPM Darussalam Gontor Depok. Foto: Istimewa
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengahadiri silaturahmi IKPM Darussalam Gontor Depok. Foto: Istimewa

ruzka.republika.co.id - Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Darussalam Gontor Depok mengadakan silaturahmi di lokasi Pesantren Mahasiswa Al Hikam pada Ahad (18/9) kemarin.

Acara silaturahmi dihadiri ratusan alumni dan wali santri Pondok Pesantren Moderen Darussalam Gontor dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Pembina IKPM Depok, Roni Sondri mengatakan, acara silaturahmi sekaligus menambah wawasan dan ilmu dari materi yang disampaikan oleh para pemateri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga: Alumni Unpam Luncurkan Kartu Alumni Digital

"Pondok tak ubahnya ibu kedua bagi santri karena sekian tahun kita menjalani hidup di sana. Suka dan duka tiap hari santri jalani, sehingga nilai-nilai pondok modern perlu ditanamkan kepada wali santri dan alumni," ujar Roni melalui keteranganya, Senin (19/9).

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini akan samakin meningkatkan kecintaan kepada Pondok Modern Darussalam Gontor.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengaku senang diundang oleh IKPM Kota Depok.

Baca juga: Masih Ada Jamban Helikopter, Dinkes Depok Imbau Warga Miliki Septic Tank

Imam Budi Hartono mengenang ketika masih mahasiswa Fakultas Teknik Gas Petrokimia Universitas Indonesia(UI) pernah kos atau tinggal didaerah tersebut pada tahun 1987.

“Terasa ketika menginjakkan kaki di Pesantren Al Hikam milik Alm. KH. Hasyim Muzadi untuk mengisi acara dengan para alumni dan wali santi Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Cabang Depok kembali seperti jadi mahasiswa lagi,” kata Imam Budi Hartono kepada ruzka.republika.co.id.

Pria yang akrab disapa Bang Imam ini juga bangga di Kota Depok memiliki Pesantren Al Hikam. Tak hanya itu, kata dia, banyaknya pesantren di Kota Depok menambah kuat religiusnya kota ini.

Baca juga: SMP Lazuardi Al Falah Depok Tampil di Festival Orchestra IOEF 2022

“Sesuai Visi Kota Depok dalam RPJPD Kota Depok 2005 – 2025 sebagai Kota Niaga dan Jasa yang berwawasana lingkungan dan religius. Tumbuhnya Kota Depok sejak menjadi kota ditahun 1999 dengan hadirnya UI membuat perkembangan sangat pesat,” kata dia.

Selain itu Bang Imam menambahkan, Pondok Pesantren Moderen Darussalam Gontor sebagai tempat pendidikan yang luar biasa dan menjadi dambaan para orantua sebagai tempat menuntut ilmu.

“Sebuah cita-cita keinginan banyak umat Islam untuk bisa menjadi santri pada sebuah pesantren, terutama Gontor,”

Baca juga: Depok akan Siapkan Klinik Bisnis Disetiap Kantor Kecamatan, Warga Dapat Berkonsultasi Bisnis

“Saya sendiri sejak kecil memang tidak mondok, SD – SMP dan SMA disekolah biasa (Swasta dan Negeri) bukan sekolah berjudul sekolah agama. Tapi merasakan pelajaran agama secara intensif di kegiatan “Pesantren Kilat”.

Namun Bang Imam mengaku selama masa anak-anak dibesarkan di budaya Betawi, agama merupakan bagian yang menjadi kebiasaan sehari-hari.

“Saya diajarkan sholat, puasa, zakat, ngaji oleh orang tua dan para ustadz dimasjid tempat tinggal. Para Warga bersyukurlah yang dapat menjalankan pendidikan di Gontor, para orang tua juga wajib bersyukur telah menjadikan Gontor menjadi tempat mendidik anak-anaknya disana,”

Baca juga: Pentingnya Konsep Pembangunan di Depok yang Rahmatan Lil Alamin

“Semoga anak-anak bapak ibu yang sedang mondok di Gontor selalu sehat dan insya Allah dapat juga kelak menjadi Walikota Depok, bahkan Presiden seperti KH. Gusdur,”pungkasnya. (Supriyadi)

Berita Terkait

Image

Buruan Daftar Linknya, Disnaker Depok Kembali Gelar Bursa Kerja dengan 2.555 Lowongan

Image

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RS Bunda Aliyah Berubah Jadi di Alia Hospital Depok

Image

Akses Masuk SDN Pondok Cina 1 Terhalang Trotoar, Imam Budi Hartono: Siswa Belajar Tetap Terjamin

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image