Ekonomi

PLN Icon Plus Bincang Bareng Media, Ungkap Kenaikan Pendapatan dan Prestasi yang Digapai

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengungkapkan kenaikan pendapatan dan prestasi yang digapai dalam acara Bincang Bareng Media di Bangka Belitung, Senin (22/07/2024).

RUZKA REPUBLIKA -- PLN Icon Plus yang berdiri pada 3 Oktober 2000 hingga saat ini telah bertransformasi dan berkembang menjadi salah satu perusahaan dengan Solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Transisi Energi terdepan di Indonesia.

Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) mengungkapkan peningkatan kinerja dan pendapatan serta beragam prestasi yang digapai dalam acara media gathering bertajuk Bincang Bareng Media di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung selama 2 hari, Senin-Selasa 22-23 Juli 2024.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Giat Bincang Bareng Media yang digelar di Swiss-Bell Hotel International dihadiri Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, Sekretaris Perusahan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati, Manajer Komunikasi Korporat & Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Icon Plus, Yohanes Desmond Rendy.

Baca Juga: Depok Motivasi Pencaker untuk Minat Bekerja ke Luar Negeri

Hadir juga sejumlah perwakilan dari 10 Strategi Business Unit (SBU) Regional dan 27 orang wartawan dari berbagai media nasional dan lokal.

"Bincang Bareng Media ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk media," kata Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati.

Media Gathering PLN Icon Plus ini digelar untuk kali kedua. Pada 2023, digelar di Bandung. "Agenda media gathering kali ini akan melihat program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSL)," terang Heni.

Baca Juga: Pengelola Air Limbah akan Kerja Sama dengan RS dan Perusahaan di Depok

Heni memaparkan sekilas tentang keberhasilan PLN Icon Plus. "PLN Icon Plus baru setahun setengah transformasi. Tapi Alhamdulillah, debutnya sudah go global," ucapnya.

Saat ini, PLN Icon Plus juga kerap mendapat penghargaan dari negara lain. "Dulu fokusnya connectivity sekarang palu gada, semua ada," terang Heni bercanda.

PLN Icon Plus satu-satunya sub Holding yang tidak berhubungan dengan kWh. "Tapi masih related dengan kelistrikan, seperti electric vehicle, rooftop, charging," tegas Heni.

Baca Juga: Program Rumah Keluarga Berdaya, Lembaga Penerima Manfaat Zakat

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi, PLN Icon Plus memiliki visi untuk menjadi pemimpin penyedia smart connectivity solutions, digital dan green energy yang terintegrasi untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

"Dengan jaringan yang kuat dan luas, PLN Icon Plus mampu menjangkau berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil yang membutuhkan akses teknologi untuk berkembang," tutur Heni.

PLN Icon Plus terus mendukung akselerasi transformasi digital dalam setiap proses bisnis. Pada tahun 2023, PLN Icon Plus fokus pada pengembangan layanan solusi digital seperti Energy Management System dan Credit Scoring. Selain itu, implementasi digitalisasi di seluruh unit PLN Group telah meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan.

Baca Juga: Dibutuhkan Terobosan Baru dari Rektor UI di Masa yang akan Datang

"Sepanjang tahun 2023, PLN Icon Plus tercatat telah menerima 103 penghargaan yang mencakup berbagai aspek bisnis, termasuk inovasi digital dan implementasi GRC (Governance, Risk Management, and Compliance). Penghargaan ini mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan pelayanan prima," papar Heni.

Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati menjelaskan prestasi yang digapai dalam giat Bincang Bareng Media di Bangka Belitung, Senin (22/07/2024).

PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang melalui strategi bisnis yang berkelanjutan.

Tahun 2023 menjadi tonggak penting dengan berbagai inisiatif baru, termasuk pengembangan bisnis Beyond kWh melalui investasi di segmen retail dan publik.

Baca Juga: Inovasi Sampah, Mahasiswi Ini Diganjar Dana Komersialisasi 5 Ribu Dolar

Lanjut Heni, PLN Icon Plus telah ditunjuk sebagai salah satu penyedia infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta mendukung pengembangan konsep ‘smart, green, and beautiful’ di kawasan tersebut.

"Proyek ini menunjukkan peran strategis PLN Icon Plus dalam mewujudkan IKN menjadi kota smart, green, and beautiful," ungkapnya.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menegaskan komitmen untuk turut berperan aktif dalam mendukung transformasi energi hijau di Indonesia. Hal ini juga mendorong untuk terus berkolaborasi menggerakkan serta mengembangkan ekosistem hijau, termasuk elektrifikasi kendaraan di Indonesia. ?

Baca Juga: Rayakan Hari Anak Nasional 2024 dengan Gerak Anak di Komunitas Bakul Budaya

Salah satu fokus utama dari upaya kolaborasi PLN Icon Plus adalah pada perkembangan elektrifikasi kendaraan.

"Kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang utama dalam emisi gas rumah kaca, oleh karena itu PLN Icon Plus berharap dapat mendorong beralihnya masyarakat Indonesia dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan," paparnya.

Upaya untuk mendorong perkembangan elektrifikasi kendaraan adalah bagian dari komitmen PLN Icon Plus untuk memastikan ketersediaan energi bersih yang handal dan terjangkau sebagai solusi yang berkelanjutan serta ramah lingkungan. Berkomitmen untuk mendukung transformasi energi hijau di Indonesia, termasuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Baca Juga: Bisnis Beyond kWh Makin Melesat, PLN Icon Plus Catat Kenaikan Pendapatan 33%

"Kami terbuka untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai bagian dari upaya kami untuk memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," tutur Ari.

Sebagai perusahaan yang mengedepankan bisnis yang ramah lingkungan dan transformasi energi hijau berkelanjutan, PLN Icon Plus mendapat penilaian positif dari CNBC Indonesia Research dalam Green Economic Forum 2023.

PLN Icon Plus pun membuktikan komitmennya dengan keterbukaannya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengembangan penggunaan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

Baca Juga: Tunjukkan Komitmen Transparansi dan Transformasi, Perum Bulog Pererat Hubungan dengan Media secara Strategis

"Menyadari bahwa pembangunan serta transformasi energi hijau berkelanjutan memerlukan partisipasi luas dengan kolaborasi berbagai pihak, PLN Icon Plus terus membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan transformasi energi hijau," jelas Ari.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, PLN Icon Plus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya guna mempercepat transformasi energi hijau di Indonesia.??

"Komitmen PLN Icon Plus sebagai leader dalam transisi energi hijau di PLN Grup didukung oleh pengembangan EV, PV Rooftop, yang seluruhnya menjadi bagian dari smart and green ecosystem PLN Icon Plus," ungkap Ari.

Baca Juga: ASN di Pemkot Depok yang Terima Gratifikasi akan Dilaporkan ke GOL KPK

Kolaborasi dengan berbagai pihak ini merupakan langkah strategis PLN Icon Plus dalam menghadapi tantangan meningkatnya kebutuhan energi ramah lingkungan serta berkelanjutan di tengah perubahan iklim yang semakin mendesak.

“Dengan berbagai upaya kolaborasi yang dilakukan, PLN Icon Plus berharap dapat berkontribusi secara signifikan dalam mendukung transformasi energi hijau di Indonesia. Melalui pengembangan teknologi dan kerjasama dengan berbagai pihak, PLN Icon Plus ingin menciptakan sebuah ekosistem energi hijau yang berkelanjutan, handal, dan terjangkau bagi masyarakat," harap Ari.

Lebih lanjut Ari juga mengungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk Laporan Perhitungan Tahunan (LPT) Tahun Buku 2023,
PLN Icon Plus berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 33%.

Baca Juga: Warga Bisa Gunakan Aplikasi MitraDarat untuk Cek Posisi BISKITA Trans Depok

Laporan keuangan PLN Icon Plus di tahun 2023 menunjukkan kinerja yang sangat positif dengan pendapatan mencapai Rp 5,363 triliun, meningkat 33% dari tahun 2022.

“PLN Icon Plus berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan yang signifikan, ini merupakan pertumbuhan revenue tertinggi selama PLN Icon Plus berdiri. Hal ini menunjukkan daya saing dan inovasi perusahaan dalam menghadapi tantangan industri,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ari, perusahaan juga memperluas jangkauan layanan broadband dengan lebih dari 1 juta pelanggan serta pendapatan melebihi Rp 1 triliun.

Baca Juga: MAC UI Ajak Warga Menjadi Agen Pemajuan Seni dan Budaya Nusantara

“Kami bangga dengan pencapaian luar biasa yang telah dicapai selama tahun 2023. Dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan serta percepatan transformasi digital yang positif," ucapnya.

PLN Icon Plus telah membuktikan daya saing dan inovasinya di industri telekomunikasi. Di masa mendatang, akan terus berinovasi dan memastikan memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham.

"Kami siap untuk berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur teknologi di Indonesia, dengan komitmen untuk menjaga kualitas dan pelayanan prima,” tegas Ari.

Baca Juga: UI Tanggapi Beredarnya Informasi Kebocoran Data

Ari mengutarakan, PLN Icon Plus berencana untuk terus memperkuat posisi keuangan dan operasionalnya melalui berbagai inisiatif strategis.

"Dengan dukungan pemegang saham dan seluruh karyawan, kami optimis dapat mencapai target dan menghadapi tantangan di tahun 2024,” harapnya.

Dengan berbagai pencapaian dan rencana strategis yang telah disusun, PLN Icon Plus optimis dapat terus tumbuh dan berkontribusi positif bagi industri telekomunikasi dan teknologi di Indonesia.

"Kenaikan pendapatan 33% menjadi bukti komitmen dan upaya berkelanjutan PLN Icon Plus dalam mencapai visi dan misi," tegas Ari. (***)