Ekonomi

Gelar Media Gathering, PLN Icon Plus Perkenalkan Produk Digitalisasi Green Energy Solution

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi (tengah) sedang memberikan penjelasan terkait PLN Icon Plus saat media gathering dengan wartawan di Jabarano Coffee, di Braga 15, Bandung.

ruzka.republika.co.id--Suasana pagi diselimuti mendung, puluhan wartawan tampak dengan wajah yang masih kantuk tiba di Kantor PLN Icon Plus Pusat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (01/12/2023).

Ya, pagi itu, sebanyak 29 wartawan bersiap hendak melakukan perjalanan ke Bandung untuk memenuhi undangan Media Gathering PLN Icon Plus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum berangkat, Manajer Komunikasi Korporat & TJSL PLN Icon Plus, Dermawan Amir Uloly beri pengarahan dan sederetan acara yang akan dilakoni para wartawan di sesi pertama di Hotel Papandayan, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Jumat (01/12/2023).

Baca Juga: Festival Kabuyutan sebagai Sarana Pembudayaan Pancasila

Tak terasa perjalanan hanya di tempuh 2 jam tiba di Hotel Papandayan Bandung pada pukul 11.00 WIB. Para wartawan pria langsung bergegas menuju masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat.

Sesuai makan siang, para wartawan langsung mengikuti agenda acara yang diawali dengan perkenalkan yang dipandu MC bernuansa dengan menyapa sampurasun rampes akang dan teteh.

Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati memaparkan sekilas tentang PLN Icon Plus. "PLN Icon Plus sebagai Sub-Holding dari PLN yang memiliki misi pemenuhan kebutuhan, serta harapan adanya solusi dari berbagai tantangan yang ada saat ini berkaitan dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dan Electricity Related," ujar dia.

Baca Juga: Pemilu 2024, Pemkot Depok Ajak Masyarakat untuk Tetap Kondusif

Menurut Heni, PLN Icon Plus tidak hanya menyuguhkan layanan listrik tetapi juga melahirkan embrio teknologi terbarukan melalui program dan produknya yang Green Energy Solution.

"Jadi PLN tidak hanya mengurusi soal kelistrikan saja, tapi juga sudah merambah kebutuhan jaringan internet," terangnya.

Dengan pemaparan yang juga dan cukup mudah dicerna, Heni mengungkapkan bahwa karirnya di PLN sejak 1990 dan pernah menduduki jabatan yang mengurusi wartawan dan marketing.

Suasana acara media gathering semakin akrab, hangat dan riang setelah satu persatu wartawan memperkenalkan diri ke panggung dengan gayanya masing-masing, tentu para wartawan yang tampil heboh mendapatkan hadiah.

Baca Juga: Depok Gelar Festival Sepak Bola Pelajar 2023

Manajer Komunikasi Korporat & TJSL PLN Icon Plus, Dermawan Amir Uloly tampil memperkenalkan sekilas Media Engagement PLN, perkenalkan tim komunikasi PLN Icon Plus.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan overview produk PLN Plus yakni terdapat dua sesi yang dihadirkan pada acara tersebut, yaitu Cyber Security' dan sosialisasi program serta produk PLN Icon Plus terbaru.

Dalam penjelasannya terkait Cyber Solution, Indonesia jadi salah satu negara dengan tingkat kebocoran data yang cukup tinggi

Bahwa sebagai pengguna internet seseorang harus melihat serangan 'cyber' dari dua sisi. Semakin diserang, semakin tinggi value atau manfaat dari aplikasi atau laman yang kita kelola.

Baca Juga: SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur Gelar Literacy Exhibition untuk Palestina

Sekretaris Perusahaan PLN Icon Plus, Heni Utari Ambarwati memaparkan sekilas tentang PLN Icon Plus.

Permasalahan lain hadir dari kultur atau kebiasaan masyarakat di Indonesia yang sosialis, atau Culture Sharing sehingga data pribadi dapat bocor tanpa perlu bersusah payah.

Kemudian, para wartawan rehat sejenak dan dianjurkan menuju Jabarano Coffee di kawasan Braga, Bandung. Dinner yang diiring musik menjadikan suasana semakin ceria yang diselingi beberapa teman wartawan ikut menyumbang suaranya.

Para wartawan kemudian diajak berkeliling Jabarano Coffee yang merupakan aset bisnis milik PLN Icon Plus dan ke pameran dan dokumentasi PLN Icon Plus.

Kali ini hadir Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi dan Direktur SDM PLN Icon Plus, Daru.

Baca Juga: Sukses Manfaatkan Teknologi Digital dan Kendalikan Laju Inflasi, Depok Bawa Pulang Penghargaan AJEG dan Pinunjul dari Jabar

Jabarano Coffee berada ditengah hiruk pikuk Kota Bandung yang penuh dengan sejarah, sebuah revolusi yang diinisiasi oleh PT PLN (Persero) melalui Subholding Beyond kWh, PLN Icon Plus yang berada di Braga 15 yang diresmikan pada Ahad (29/10/2023).

Bangunan heritage dengan latar belakang historis, kini bangkit sebagai Icon Hub, sebuah ruang komunitas modern dengan kolaborasi bersama Jabarano Coffee, hadir sebagai ruang kopi kreatif dan kolaboratif yang menyajikan kopi autentik Jawa Barat (Jabar).

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menambahkan, hadirnya Icon Hub Braga 15 ini bukan hanya tentang bisnis. Ini tentang bagaimana sebagai bagian dari Indonesia, memberikan kontribusi lebih untuk masyarakat.

Baca Juga: COP28 Dubai Dibuka, PLN Paparkan Inovasi dan Ajak Kolaborasi Global untuk Capai NZE Nasional 2060

"Dengan Icon Hub, kami ingin menunjukkan bahwa PLN tidak hanya fokus pada bisnis inti, kelistrikan, tetapi juga pada inovasi dan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan asset PLN yang ada di kawasan Braga," terangnya.

Jabarano Coffee tidak asing bagi warga Bandung. Sebagai salah satu coffee shop yang merepresentasikan Jawa Barat itu sendiri, Jabarano memiliki basis pelanggan yang kuat.

Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana dua entitas, satu BUMN besar dan satu bisnis lokal, dapat bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Tidak hanya menawarkan kopi berkualitas, Icon Hub juga memiliki ruang pameran yang menampilkan berbagai inovasi PLN.

Baca Juga: ISSF Serukan Solidaritas Olahraga untuk Palestina

Pengunjung dapat menikmati pameran kendaraan listrik konversi, yang merupakan salah satu inisiatif PLN dalam mendukung program kendaraan berenergi bersih.

"Semoga menjadi salah satu magnet bagi masyarakat kota Bandung maupun wisatawan untuk datang," ucapnya.

Jabarano Coffee, sebagai salah satu coffee shop yang merepresentasikan Jawa Barat itu sendiri, Jabarano memiliki basis pelanggan yang kuat.

Kolaborasi ini menunjukkan bagaimana dua entitas, satu BUMN besar dan satu bisnis lokal, dapat bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Baca Juga: Menuju Go Green Expo, UI dan Bakul Budaya Panen Ecoenzyme

Tidak hanya menawarkan kopi berkualitas, Icon Hub juga memiliki ruang pameran yang menampilkan berbagai inovasi PLN.

Pengunjung dapat menikmati pameran kendaraan listrik konversi, yang merupakan salah satu inisiatif PLN dalam mendukung program kendaraan berenergi bersih.

Selain itu, ada juga galeri PLTS atap yang menunjukkan bagaimana PLN terus berinovasi dalam memanfaatkan energi terbarukan.

Namun, inovasi PLN bukanlah satu-satunya yang dipamerkan. Untuk mendukung seni dan budaya lokal, Icon Hub juga menyediakan ruang bagi para seniman Bandung untuk memamerkan karya-karya mereka.

Baca Juga: Keren! Pemkot Depok Kembali Sukses Gapai Penghargaan Badan Publik Informatif Tingkat Jabar

Lukisan, kerajinan, dan berbagai karya seni lainnya dari para seniman Bandung kini dapat dinikmati oleh pengunjung Icon Hub.

Tidak banyak yang tahu bahwa di balik desain modern Icon Hub ada tangan-tangan kreatif dari Amoda, sebuah startup lokal yang merupakan bagian dari program PLN Connext.

Program ini adalah inisiatif PLN Holding bekerjasama dengan PLN Icon Plus untuk mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.

Amoda, dengan tim kreatifnya, berhasil menggabungkan konsep modern dengan nuansa heritage Bandung.

Baca Juga: Diikuti 16 Tim dari Berbagai Provinsi, IYSA dan I3L Sukses Selenggarakan Lomba Invensi dan PTK 2023

Hasilnya adalah Icon Hub, sebuah ruang komunitas yang tidak hanya nyaman, tetapi juga merefleksikan jiwa Bandung, tanpa merubah kekhasan gedung heritage itu sendiri.
Para

Para wartawan akhirnya berkumpul di lantai 2 Jabarano Coffeee mendengarkan penjelasan Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PT Indonesia Comnets Plus (berbisnis dengan nama PLN Icon Plus) adalah anak usaha PLN yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga: Selama 2 Hari, Ribuan Pencaker Datangi Bursa Kerja Disnaker Depok 2023

Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga akhir tahun 2021, perusahaan ini memiliki 26 kantor perwakilan yang tersebar di seantero Indonesia

Bermula dari pembangunan fiber optik PLN. Pada1987 saat PLN berencana membangun jaringan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi dari sistem tenaga listrik Jawa-Bali.

Empat tahun kemudian, PLN pun meneken kontrak pembangunan jaringan serat optik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: Depok Siapkan 5 Jaksa untuk Kawal Pemilu 2024

Pada tahun 2000, PLN resmi mendirikan perusahaan ini untuk mengelola jaringan serat optik yang telah selesai dibangun.

Setahun kemudian, perusahaan ini mulai mengoperasikan Network Operation Centre di Gandul.

Pada 2005, perusahaan ini mendapat izin prinsip untuk menyediakan layanan internet bagi masyarakat umum.

Baca Juga: Layanan NTPD 112 Depok Terima 61 Laporan Kegawatdaruratan Selama Oktober 2023

Pada 2007, mengembangkan jaringan telekomunikasinya ke Sumatera dan Indonesia bagian timur.

Pada 2014, PLN menugaskan perusahaan ini untuk mulai mengoptimalisasi proses bisnis PLN Group secara bertahap.

Pada 2016, meluncurkan sembilan aplikasi untuk memodernisasi dan mendigitalisasi proses bisnis dari PLN Group. Pada 2017, perusahaan ini juga meluncurkan aplikasi PLN Mobile.

Pada 2018, bersama PLN, perusahaan ini meluncurkan program desa berlistrik dan berinternet dengan membuka "Internet Desa Cafe" (Ides Cafe).

Baca Juga: CGS NUS dan CESGS Universitas Airlangga, Kolaborasi Penelitian, Pendidikan Berkelanjutan Percepat Pembangunan Keberlanjutan Daerah

Pada 2019, meluncurkan aplikasi pelayanan instalasi listrik yang diberi nama ListriQu dan aplikasi kasir daring yang diberi nama Airsale. Lalu, meluncurkan layanan internet ritel yang diberi nama Stroomnet.

Pada 2020, mendapat izin untuk menyediakan layanan pusat panggilan dan meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Pada 2021 mengubah nama layanan Stroomnet menjadi ICONNET.

Pada bulan September 2022, mulai memakai nama dagang PLN Icon Plus untuk menegaskan statusnya sebagai anak usaha dari PT PLN (Persero).

Hingga akhir 2022, layanan ICONNET ini telah dipakai oleh 500 ribu pelanggan di seantero Indonesia.